Digital Marketing

2 Cara Menentukan Target Audience FB Ads

Bagaimanakah cara menentukan target audience FB Ads yang terbukti berhasil menghasilkan konversi?

Mungkin pertanyaan ini pernah muncul di benak orang-orang yang beriklan di Facebook.

Apalagi bagi advertiser yang baru mulai belajar beriklan, pertanyaan di atas jadi pertanyaan sejuta umat ketika akan membuat iklan untuk pertama kalinya.

Berbicara tentang cara menentukan target audience, setiap advertiser mempunyai metode yang berbeda-beda. Ada yang menentukan berbedasarkan lokasi, misal di daerah Jakarta, Bandung atau seluruh Indonesia.

Ada juga yang menentukannya berdasarkan demografi, seperti jenis kelamin, pekerjaan, status marital dan lain sebanyainya.

Bahkan ada juga advertiser yang menentukan target audience berdasarkan berhavior atau perilaku seperti perilaku belanja 7 hari terakhir, perilaku traveling, dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya cara terkadang kita jadi malah bingung harus mengikuti yang mana.

Kalau Anda mengalami hal seperti ini, Anda tidak perlu khawatir, karena pada halaman ini kami akan berbagi kepada Anda tentang 2 cara menentukan target audience FB Ads yang terbukti berhasil.

Langsung saja, inilah 2 cara tersebut.

Cara #1 : Menggunakan Aset Yang Anda Miliki Sendiri

Kalau Anda blog Anda mendapat pengunjung secara organik, kami menyebut itu sebagai aset.

Kalau Anda punya alamat email dari calon pembeli, maka itu adalah aset.

Dan kalau Anda punya nomot HP dari para pembeli, maka itu juga aset.

Hosting Unlimited Indonesia

Jadi kalau Anda punya salah satu atau beberapa dari aset-aset di atas, maka itulah target audience Anda. Dengan kata lain, Anda harus menargetkan iklan Anda ke mereka.

Lalu yang jadi pertanyaan, caranya bagaimana?

Caranya adalah dengan membuat custom audience berdasarkan 3 hal yang kami sebutkan di atas.

Misalnya, untuk pengunjung blog, Anda bisa memasang kode pixel di dalam blog Anda. Kode pixel ini nantinya akan merekam data-data dari pengunjung blog Anda yang kemudian bisa Anda jadikan sebagai custom audience.

Sedangkan untuk alamat email dan nomor HP, Anda tinggal menguploadnya ke Facebook Ads dan mengkonversinya menjadi custom audience.

Cara ini banyak mampu menghasilkan konversi yang bagus. karena aset-aset tersebut sudah pernah ada interaksi dengan Anda, minimal pernah tahu apa produk maupun brand Anda.

Dengan demikian, ketika Anda menjalankan iklan ke mereka, maka peluang untuk mendapatkan engagement dan konversi cukup tinggi.

Supaya bisa lebih luas lagi jangkauan iklan Anda, maka Anda perlu menjadikannya look a like supaya Facebook mencarikan orang-orang yang mempunyai kemiripan dengan aset-aset yang Anda miliki tadi.

Cara #2 : Menggunakan Aset Orang Lain

Cara menentukan target audience FB Ads yang kedua adalah dengan menggunakan aset orang lain.

Yang kami maksud orang lain ini diantaranya :

  • kompetitor
  • influence di niche Anda
  • atau gabungan dari keduanya

Di cara ini Anda bisa menargetkan Facebook Page dari kompetitor Anda untuk audience iklan Anda. Atau kalau di niche Anda ada influencer seperti blogger, selebgram atau youtuber yang followersnya banyak, Anda bisa menjadikan followersnya menjadi target audience Anda sendiri. Hal ini dikarenakan baik kompetitor maupun influencer punya basis pengikut.

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: