Tutorial

Apapun bisnis Anda, pastinya lebih menguntungkan jika punya banyak follower. Karena semakin banyak follower, semakin banyak orang yang berpotensi membeli produk anda.

Ada banyak cara untuk mendapatkan banyak follower di Instagram. Mulai dari cara yang gratisan, hingga berbayar menggunakan Instagram ads.

Tapi sebelum anda mencoba berbagai cara di atas, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat profile Instagram anda tampak cantik dan menarik.

Membuat Profile Instagram yang Cantik, Menarik, dan Profesional adalah Fondasi Terpenting untuk mendapatkan Banyak Follower Instagram.

Kesan pertama sangat penting. Menurut Forbes, dalam 7 detik saja otak kita mampu menyimpulkan kesan tentang orang asing yang kita temui, dan ini akan mempengaruhi keputusan dan tindakan kita selanjutnya.

Demikian juga di Instagram. Akun Instagram anda adalah “orang asing” di mata calon follower anda.

Halaman profile Instagram anda adalah yang pertama kali dilihat oleh calon follower. Mereka hanya mampir 1-2 detik, sebelum akhirnya memutuskan menjadi follower atau mengabaikan anda.

Karena itu, unsur aesthetic dari bio Instagram penting diperhatikan. Pastikan bio IG anda keren dan membuat orang tertarik menjadi follower.

Berikut ini 6 hal yang bisa harus Anda optimalkan agar profile Instagram tampak cantik, menarik follower.

1. Username yang Jelas, Singkat, dan Mudah Dicari

Pemilihan username Instagram sepertinya sepele. Tapi pengaruhnya sangat besar agar nantinya bisa nancep di ingatan follower anda nantinya.

Berikut ini beberapa tips memilih username Instagram yang bagus.

a. Singkat dan Jelas

Username anda-lah yang muncul di feed Instagram followers nantinya. Bukan nama Anda. Jadi gunakanlah username yang jelas menunjukkan identitas Anda.

Anda bisa gunakan nama lengkap, nama panggilan atau nama bisnis anda.

Usahakan sesingkat mungkin tapi jelas menunjuk ke identitas atau bisnis anda. Misalnya, username @bankmandiri lebih baik daripada @pt_bank_mandiri_persero_tbk

b. Mudah diingat dan mudah diketik.

Saat orang berinteraksi dengan Anda (membalas komentar, mention, tag, dll) pertama yang harus mereka lakukan adalah mengetikkan username anda.

Sebisa mungkin hindari beberapa hal ini karena selain sulit diketik, juga membuat akun anda terlihat kurang profesional dan kurang terpercaya.

  • penggunakan emoji di username, misalnya: @???lucu
  • terlalu banyak angka, misalnya @kucinglucu882939813
  • underscore / simbol di awal, misalnya @_ayutingtong
  • banyak simbol dan underscore misal: @donny____keren, @kucing_._lucu
  • alay, misal: @4quw_c4y4nk_k4muwh

Simbol titik dan underscore bisa digunakan bila perlu sebagai pemisah antar kata dengan maksud untuk memperjelas. misalnya: @raditya_dika

c. Tambahkan kata kunci (bila perlu)

Username ini sifatnya bisa ditelusuri berdasarkan kata kunci melalui fitur pencarian Instagram.

Anda bisa memasukkan kata kunci pada username anda agar akun anda muncul di hasil pencarian.

Misalnya, ketika pengguna Instagram mengetikkan kaya kunci “kain gamis” di kotak pencarian Instagram, maka username Instagram yang mengandung kata kunci tersebut akan diprioritaskan untuk muncul di posisi teratas.

Jadi dengan menggunakan kata kunci sebagai username Instagram, bisa membuat akun anda ditemukan oleh jutaan pengguna yang memang mencari produk Anda.

Alternatif lain, anda juga bisa gabungkan nama brand anda dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis anda.

Misalnya, anda punya ide nama brand hijab bernama Vanilla.

Anda bisa menambahkan kata Hijab di username, atau justru menjadikan kata tsb bagian dari brand anda agar orang lebih mudah menemukan anda.

2. Foto Terbaik untuk Profile Picture

Profile picture anda akan muncul di Instagram feed followers Anda dengan ukuran yang kecil. Usahakan terlihat di feed Instagram. Bantu follower mengenali anda dengan mudah.

Baca juga:   Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS di Google Chrome

Berikut ini tips memilih profile picture yang membuat anda mudah dikenali dan diingat oleh followers.

a. Untuk akun Personal:

Gunakan foto anda. Zoom ke wajah, ada kontak mata, dan tersenyum. Seakan akan menyapa dengan ramah.

Hindari: foto dengan crop wajah yang terpotong, blur/kabur, background yang terlalu ramai, atau pencahayaan yang kurang.

b. Untuk akun Non-Personal (bisnis / toko online / umum / fanspage)

Gunakan Logo, Icon, mascot anda, Usahakan gambarnya terlihat jelas dan tidak terpotong ketika di crop berbentuk lingkaran.

Jika logo anda berbentuk memanjang yang terdiri dari gambar dan text, anda bisa gunakan gambarnya saja agar lebih jelas saat ketika muncul di feed dengan ukuran kecil.

Alternatif lain, anda bisa mengedit logo agar lebih sesuai saat di crop lingkaran. Misalnya dengan memposisikan gambar/icon diatas dan textnya di bawah seperti ini:

Tips: Gunakan profile picture yang sama di semua social media (Facebook, Youtube, dll) agar orang dapat mengenal anda dengan mudah.

3. Nama Instagram yang Bagus

Banyak istilah untuk kolom ini. Ada yang menyebutnya Nama Instagram, headline atau tagline. Tapi apapun istilahnya, ini adalah bagian teks tebal tepat di atas bio.

Seperti username, nama Instagram ini dapat ditelusuri lewat pencarian Instagram. Anda bisa masukan kata kunci untuk membantu orang menemukan Anda.

Banyak orang membuat kesalahan mengulang menulis namanya di sini. Misalnya username @caklontong menuliskan Cak Lontong lagi di kolom ini.

Ya itu boleh boleh saja. Terutama klo anda seorang seleb atau brand besar yang yakin banget ketika orang mencari anda, mereka akan ngetik nama anda.

Tapi jika anda baru saja bikin akun Instagram, apalagi follower masih bisa diitung jari. Jika anda ga memanfaatkan fitur ini, anda kehilangan potensi mendapatkan follower baru dari pencarian Instagram. Sayang banget kan…

Nama Instagram ini bebas anda ganti kapan saja. Tidak permanen. Anda bebas bereksperimen.

Ingat: Anda hanya bisa menulis 30 karakter untuk bagian nama Instagram. Pastikan optimal.

4. Bio IG yang Keren, Menarik, dan Informatif

Bio adalah kata kata untuk menyambut orang yang mengunjungi profile IG anda dan membuat orang tertarik menjadi follower anda.

Mereka ingin jadi follower bukan karena mereka care atau pengen tau tentang anda. 

Ingat aturan nomor #1 dalam copywriting:

No One Cares About You.

Mereka nggak peduli apa menu makan anda hari ini. Yang mereka inginkan adalah sesuatu yang bisa memberikan manfaat bagi mereka.

Sesuai yang menarik.

Oleh karena itu, buatlah Bio Instagram yang menarik dari kacamata orang yang membaca sehingga makin banyak orang yang tertarik dan menjadi follower anda.

Gimana caranya?

a. Beritahu Apa yang anda posting dan Manfaatnya

Jangan hanya beritahu apa yang akan anda posting, tapi juga manfaat yang akan mereka dapatkan / rasakan ketika menjadi follower Anda.

Misalnya:

  • “Video lucu setiap hari (apa yg diposting). Dijamin ngakak guling guling. (manfaat)”
  • “Hijab kekinian (apa yg diposting) yang bikin kamu makin cantik menawan (manfaat yang dirasakan).”

Agar lebih mengena, anda juga bisa menambahkan transformasi atau perubahan positif yang akan terjadi dari manfaat yang sampaikan.

Baca juga:   Apa Itu Managed WordPress Hosting? Terbaru dan Pertama di Indonesia!

Misalnya:

  • “Resep masakan indonesia (apa yg diposting), inspirasi masakan enak dan yummy (manfaat), agar makin disayang suami (transformasi)”
b. Kenalkan siapa anda, profesi anda, atau apa yang anda lakukan
Untuk akun personal/pribadi:

Tulis profesi anda atau apa yang anda kerjakan.

Misalnya blogger, marketer, dokter, coach, fotografer, arsitek, fitness instructor, dll.

Karena pada dasarnya orang suka menjalin relasi dan berteman dengan orang-orang yang mirip / se-profesi dengan mereka.

Selain itu jika anda profesional / menawarkan jasa (dokter, coach, laywer, desainer, artitek, dll) maka calon klien akan mengetahui bahwa anda adalah orang yang mereka butuhkan.

Untuk akun Bisnis:

Anda bisa mengenalkan visi, misi, value bisnis atau keunggulan produk anda. Usahakan tetap dikemas dari sisi manfaat untuk orang yang membaca.

Salah satu contoh bio untuk bisnis yang bagus yaitu @unileveridn dan @vanillahijab.

Unilever menuliskan di bio, mereka tidak hanya memposting info terbaru seputar perusahaan tapi juga memberikan tips gaya hidup ramah lingkungan dan sosial. Sesuai dengan misi mereka.

VanillaHijab adalah sebuah brand yang menjual hijab. Dalam bionya mereka menyampaikan manfaat ganda:

  • Bagi yang tidak membeli produk, post vanillahijab bisa menjadi inspirasi gaya berhijab setiap hari, melalui tagline: “Inspirasi harimu!”
  • Bagi yang membeli produk di vanillahijab, berarti turut serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial.
c. Gunakan Emoji Pada Bio, tapi jangan berlebihan

Emoji bisa membuat bio Instagram anda lebih “hidup” dan menarik. Berikut ini beberapa kegunaan emoji pada Instagram bio:

  • Menarik atensi / perhatian orang. Misalnya ?⭐️✨
  • Memberi emosi / ekspresi. Misalnya, dengan menuliskan emoji ? ☺️ memberikan kesan bahwa anda orang yang ramah dan bersahabat.
  • Menggantikan kata agar bio anda lebih ringkas dan singkat. Misalnya untuk penulisan email ✉️, telepon ?, lokasi alamat ?, dll
  • Menjadi simbol bullet poin, misalnya ✅, ?, ⭕️
  • Memperjelas ajakan / call to action, misalnya: Klik link di bawah ?
d. Ringkas dan Jelas

Anda hanya punya 150 karakter disini. Jika ada banyak info yang ingin anda sampaikan, Anda bisa menuliskannya dalam bentuk bullet poin / list seperti ini.

e. Sertakan kalimat ajakan (Call to Action).

Misalnya:  

  • “Yuk Follow kami dan dapatkan tips kesehatan setiap hari”
  • “Download tips sehat di link berikut ini”
  • “Gunakan hashtag #brandanda untuk di repost.”
  • “Add Line kami di @linekami.”

5. Link Website

Ini satu satu nya link yang bisa di klik di profile Instagram – jangan sampai tidak manfaatkan.

Di sinilah kesempatan anda untuk mengarahkan orang keluar Instagram menuju ke website anda.

Gunakan kesempatan ini untuk membangun database email atau kontak HP follower, atau mengarahkan mereka ke toko online untuk membeli produk anda.

URL yang singkat dan domain website yang jelas akan mengundang lebih banyak klik. Apalagi klo jika ada kata gratisnya. ?

Jangan lupa gunakan kalimat ajakan (call to action) yang diletakan di akhir bio untuk mengundang lebih banyak orang yang akan mengklik link anda.

6. Konten yang Menarik

Coba tanyakan kepada anda sendiri, apa yang membuat anda memutuskan memfollow suatu akun yang tidak anda kenal atau bukan teman anda di dunia nyata?

Faktanya adalah…

99% orang memfollow akun Instagram karena kontennya.

Mereka ingin konten yang mereka sukai, muncul di feed Instagram mereka.

Lalu bagaimana cara mengetahui konten yang disukai calon follower kita?

Coba lihat apa yang diposting oleh kompetitor atau akun dengan topik serupa.

Baca juga:   Ingin Punya Blog Keren Tanpa Ribet? Bikin di WordPress Aja!

Kita bisa pelajari dan ikuti strategi mereka dalam memposting konten yang telah terbukti mengundang banyak follower Instagram.

Pertama, buat daftar minimal 10 akun sejenis atau kompetitor. Manfaatkan tombol panah ke bawah di sebelah tombol follow untuk mencari akun yang serupa.

Langkah selanjutnyaKepoin postingan akun akun tersebut. Cek dan cari tau konten konten konten yang mendapatkan like dan komentar terbanyak.

Semakin banyak like dan komen maka konten tersebut terbukti disukai oleh target market kita.

Konten yang banyak interaksi memiliki daya sebar tinggi sehingga makin banyak orang yang melihat post anda. Sebagian dari mereka akan ada yang tertarik jadi follower.

Konten dengan like dan komentar yang banyak tsb bisa Anda jadikan sebagai jadikan inspirasi atau ide untuk membuat konten baru yang serupa, atau bisa tinggal anda repost saja,

…sehingga feed Instagram anda akan banyak berisi konten yang menarik dan follower pun lebih mudah berdatangan.

Tapi masalahnya… 

Menganalisa postingan kompetitor satu per satu itu sangat membosankan. Kita harus terus scrolling2 dan klik postingannya 1 per 1 untuk lihat berapa jumlah like dan komennya.

Apalagi kalo postnya ada ribuan. Males banget kan…

Taukah anda?

Ada cara yang jauh lebih mudah dan praktis yang hanya dengan sekali klik aja, anda bisa langsung tau postingan akun Instagram apapun dengan like dan komen paling banyak.

Tanpa capek scrolling dan cek postingan 1 per 1.

Sehingga waktu anda tidak habis, dan bisa lebih fokus ngurusin bisnis.

Untuk itu anda bisa gunakan tool Virol untuk mempermudah.

Virol adalah tool (extensions) untuk chrome dan firefox yang membantu mengelola banyak akun Instagram di komputer.

Dengan virol anda bisa:

  • melakukan riset konten Instagram populer dan viral,
  • posting dan repost dari komputer,
  • menjadwalkan postingan,
  • riset hashtag,
  • riset prime time,
  • dan masih banyak lagi.

Salah fitur yang bsia anda manfaatkan untuk kasus ini adalah fitur insights.

Tidak seperti fitur insights dari Instagram yang hanay bsia melihat insights akun sendiri, denganf itur insights virol kita bisa menganalisa akun Instagram apapun yang bukan milik kita.

Kemudian kita bisa melihat data seperti performa kontennya, hashtag andalan, prime timenya dan masih banyak data menarik lainnya.

Cara menggunakannya sangat mudah.

Setelah Virol terinstall di browser, anda tinggal buka akun Instagram yang ingin di analisa, klik kanan, dan pilih menu sort.

Selanjutnya virol akan mengumpulkan ribuan post, mengidentikasi, dan mengurutkannya berdasarkan interaksi terbanyak hanya dalam beberapa menit.

Sehingga anda bisa mendapatkan ide dan inspirasi konten yang menarik dengan sangat cepat.

Bila anda males bikin konten sendiri, virol juga memudahkan anda untuk repost konten tsb langsung ke Instagram anda dengan sekali klik.

Tentunya sebaiknya dengan ijin pemilik konten dan mencantumkan kredit yang sesuai.

Saat ini virol sudah membantu 7500+ marketer dan pebisnis di Instagram dalam riset konten yang menarik, memposting konten, dan menambah jumlah follower.

Anda bisa pelajari lebih lanjut tentang virol disini:

? https://virol.co

atau klik di sini untuk mendaftar dan segera menggunakannya:

? https://suite.id/signup/virol?coupon=VIROL

Semoga bermanfaat.

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: