Web Development

Apa Itu Desain Web Responsif dan Apakah Situs Anda Membutuhkannya?

Saya yakin Anda sudah pernah mendengar istilah “desain web responsif”. Beberapa orang menggunakan istilah ini untuk membuktikan bahwa mereka memiliki situs web modern; Namun, kebanyakan orang tidak benar-benar memahami apa itu desain web responsif. Setelah membaca artikel ini Anda akan memiliki pemahaman yang jelas tentang teknik ini dan Anda akan dapat mengetahui apakah masuk akal untuk situs web Anda sendiri atau tidak.

Apa Itu Desain Web Responsif?

Sebagai permulaan, desain web responsif tidak lain adalah pendekatan khusus untuk membuat situs web. Dengan menggunakan pendekatan ini, Anda mendesain situs web yang secara otomatis menyesuaikan diri dengan ukuran layar pemirsa. Situs web yang responsif akan mengubah ukuran elemennya ketika Anda mengubah ukuran jendela browser atau melihat situs web di perangkat yang berbeda seperti tablet, ponsel, atau bahkan di komputer lain dengan ukuran layar lain. Kami juga menggunakan istilah desain web fluida untuk menggambarkan efek ini. Meskipun desain web responsif hanyalah sebuah pendekatan untuk mendesain sebuah situs web, namun memiliki pengaruh besar terhadap bagaimana situs web tersebut akan dibuat setelahnya. Anda harus mengingat bagaimana situs web akan berubah dengan lancar, bagaimana elemen-elemennya bergerak dan bagaimana ukurannya berubah. Selain itu, gaya situs web Anda mungkin harus berubah setelah ukuran area pandang tertentu tercapai.

Contoh sederhana desain web responsif menggunakan persentase, bukan piksel, saat menentukan ukuran elemen situs web Anda. Bayangkan sebuah halaman web sederhana dengan hanya teks dan foto; seperti halaman yang Anda lihat sekarang. Di mana kami akan menggunakan milimeter di dunia nyata untuk mengukur sesuatu, kami menggunakan unit yang disebut piksel dalam desain web. Satuan piksel adalah ukuran tetap; dengan demikian, situs web Anda terlihat sama tidak peduli ukuran layar pemirsa. Namun, jika Anda menggunakan persentase, bukan piksel, halaman Anda akan selalu menyesuaikan sendiri dengan ukuran layar pemirsa sambil tetap mempertahankan proporsinya. Ini adalah desain web yang responsif.

Hosting Unlimited Indonesia

Apakah Situs Anda Membutuhkan Desain Responsif?

Untuk menjawab pertanyaan ini dengan benar, kami perlu melihat situs web Anda saat ini dan di masa depan. Pertama-tama, Anda perlu mencari tahu siapa yang mengunjungi dan menggunakan situs web Anda hari ini. Jika Anda belum memiliki situs web, maka Anda perlu mencari tahu siapa kelompok sasaran Anda. Perangkat apa yang digunakan oleh kelompok target Anda? Dan orang-orang yang mengunjungi situs web Anda hari ini, perangkat apa yang mereka gunakan? Jika semua lalu lintas Anda berasal dari pengguna desktop, maka situs web Anda akan baik-baik saja tanpa desain responsif. Di sisi lain, jika pengunjung Anda menggunakan berbagai macam perangkat, Anda harus memastikan situs web Anda dapat diakses oleh pengguna Anda, apa pun perangkat yang mereka gunakan dan desain responsif akan menjadi solusi yang bagus.

Namun, ada satu faktor lagi yang perlu dipertimbangkan: masa depan. Saat ini, masa depan web tampaknya berada di perangkat seluler seperti ponsel cerdas, tablet, dan mungkin banyak perangkat lain yang bahkan belum ditemukan. Oleh karena itu, umumnya ide yang baik untuk mulai membangun situs web yang responsif sekarang untuk bersiap menghadapi masa depan. Namun, tidak ada yang dapat memprediksi masa depan dan Anda hanya perlu melihat siapa pengunjung situs web Anda. Desain yang responsif bukanlah jawaban untuk segalanya.



Source by James Pierce

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: