Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Di tengah Pandemi transaksi digital kian meninglat, dan Dana disebut-sebut semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk mendukung berbagai aktivitas transaksi nontunai.

Peningkatan animo masyarakat dalam memanfaatkan dompet digital Dana, secara general, terlihat pada beragam transaksi kebutuhan pokok rumah tangga, pembayaran tagihan-tagihan, hingga donasi kemanusiaan.

Vince Iswara, CEO dan Co-Founder Dana mengatakan, selama pandemi, penggunaan dompet digital Dana untuk mendukung transaksi online tercatat lebih dominan dibandingkan dengan penggunaan untuk transaksi offline. Dari total transaksi yang dilakukan dengan menggunakan dompet digital Dana 98% di antaranya merupakan transaksi online. Adapun 2% lainnya merupakan transaksi offline dengan menggunakan QR Code.

Dari keseluruhan tren peningkatan bertransaksi nontunai dengan menggunakan dompet digital Dana transaksi pembayaran kebutuhan rumah tangga dan transfer uang menjadi dua aktivitas dengan peningkatan signifikan. Ini tampak dari signifikansi peningkatan pemanfaatan fitur Bill Payment dan Kirim Uang yang masing-masing meningkat lebih dari 40% dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

Baca juga:   ZTE Axon 30 Pro Datang Dengan Kamera 200MP

“Peningkatan pemanfaatan kedua fitur tersebut menunjukkan makin menguatnya kepercayaan masyarakat terhadap jaminan keamanan bertransaksi. Ini menjadi indikasi positif meningkatnya inklusi digital di bidang finansial, sekaligus menguatnya budaya nontunai yang makin efisien, kompeten, dan aman di kalangan masyarakat luas.”tutur Vince.

Saat ini, dengan fitur Bill Payment pengguna Dana dapat dengan mudah melakukan pembayaran berbagai kebutuhan, seperti membayar tagihan internet, TV Kabel, listrik, gas, PAM, hingga BPJS. Pengguna dapat memilih sumber dana yang beragam untuk melakukan pembayaran, bisa dari saldo Dana, ataupun dari dana yang ada di kartu kredit dan kartu debit yang telah tersimpan dan terotorisasi di Dana melalui teknologi Binding Card.

Baca juga:   Osmo Membuat Screen Time Anak Jadi Positif dengan Teknologi Artificial Inteligence

Begitu pula dengan aktivitas pengiriman uang melalui fitur Kirim Uang, pengguna Dana dapat dengan mudah dan aman melakukan transfer ke sesama pengguna Dana melalui akun virtual, ke rekening bank, serta dapat digunakan untuk mengirimkan uang lewat aplikasi pesan WhatsApp serta Line.

Pengguna dapat memanfaatkan dana yang tersedia di Saldo Dan, atau dari kartu debit yang tersimpan dan terotorisasi di dalam dompet digital Dana berkat teknologi Binding Card. Keunggulan lain dari pengiriman uang dengan Dana adalah proses onboarding realtime-nya yang mudah untuk konsumen berkat dukungan teknologi Face Recognition yang terhubung dengan database pemerintah.

Baca juga:   3 Indonesia Beri Cashback 100% untuk Transaksi di Google Play

Baca Juga :Visa dan Dana Luncurkan Kampanye Dukung UMKM

“Teknologi pengiriman uang di Dana juga memungkinkan penggunanya mendapatkan pengalaman seru berkat tersedianya fitur Split Bill dan Dana Kaget. Split Bill akan memudahkan para penggunanya yang ingin patungan membayar, sementara Dana Kaget bisa dimanfaatkan untuk berbagi rezeki atau uang dengan nominal yang diacak atau telah ditentukan secara seru dan berkesan. Kedua fitur untuk Kirim Uang ini sangat unik karena menghadirkan nilai-nilai sosial yang sangat relevan di era digital,” tutup Vince.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: