Tutorial


Hanya dengan sekali scan, calon pelanggan toko online Anda bisa langsung mengetahui informasi promosi produk dan membelinya. Praktis, kan? Itu semua bisa dilakukan berkat QR Code.

Anda ingin membuat QR Code untuk toko online Anda? Tapi masih bingung cara membuat QR Code dengan benar? 

Tenang saja, dalam artikel ini kami akan membagikan cara buat QR Code dan berbagai manfaatnya. Tak usah berlama-lama lagi, yuk langsung simak pembahasannya.

Apa Itu QR Code?

tampilan sebuah qr code

QR Code adalah singkatan dari Quick Response Code. QR Code berbentuk kumpulan kode piksel hitam dan putih yang tercetak dalam sebuah kotak kecil dan menyimpan berbagai macam data.

Biasanya QR Code akan Anda temukan di pamflet promosi produk sebuah toko online, atau bahkan di dalam kemasan produk toko online.

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online Mudah untuk Pemula

Ketika pelanggan memindai QR Code itu, maka otomatis akan mendapatkan akses ke halaman produk promo, menu pembayaran, dan halaman lain sesuai tujuan dari QR Code. 

Pemindaian QR Code bisa dilakukan dengan alat khusus atau dengan QR Code Scanner yang ada di ponsel. Jika belum memilikinya, bisa menginstall QR Code Scanner dulu.

Jenis-Jenis QR Code

Secara umum, QR Code dibagi menjadi dua jenis dengan fungsi yang berbeda. Apa saja?

1. QR Code Statis

QR statis adalah jenis QR code yang setelah dibuat, tidak bisa lagi diubah. Anda bisa menggunakan jenis QR code ini untuk menampilkan gambar katalog produk terbaru toko online Anda atau rekening bank untuk menerima pembayaran toko online Anda.

Dengan menggunakan QR code statis, jika ada perubahan, Anda bisa membuat QR Code lagi dengan informasi baru.

2. QR Code Dinamis

QR Code dinamis menyimpan data yang bisa diperbaharui atau diubah. Jenis QR Code satu ini cocok digunakan untuk menyimpan data URL laman website toko online Anda atau media sosial toko online Anda. 

Ketika menggunakan QR Code dinamis, Anda cukup melakukan update pada informasi URL yang digunakan atau akun media sosial untuk promosi produk Anda.

Cara Membuat QR Code untuk Toko Online Anda

Setelah memahami seluk-beluk QR Code, saatnya belajar cara membuat QR Code untuk toko online Anda. Yuk langsung simak langkah-langkahnya!

1. Pilih QR Code Generator

Ada banyak pilihan QR Code Generator. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Masing-masing QR Code Generator memiliki keunggulan dari sisi fitur dan tampilan.

Baca juga:   Rekomendasi 7+ Tools Backlink Checker Gratis Terbaik 2021

Namun hal yang paling penting adalah QR Code yang dihasilkan harus mampu dibaca oleh QR Code Scanner para pelanggan Anda. Nah, beberapa QR Code Generator yang bisa Anda coba:

  • Visualead
  • The-qrcode-generator.com
  • QR Stuff
  • qr-code-generator.com
  • QR Code Monkey

Dalam tutorial ini, kami menggunakan qr-code-generator.com.

2. Memilih Konten Promosi

Pertama-tama, akses website qr-code-generator.com. 

halaman depan qr-code-generator.com

Selanjutnya, pilih tipe konten yang akan Anda masukkan ke dalam QR Code Anda. Di qr-code-generator.com, Anda bisa memilih satu hingga sepuluh tipe konten.

10 pilihan di qr code generator.

Katakanlah Anda ingin mempromosikan halaman produk terbaru Anda. Maka, cukup klik tipe konten URL di pojok kiri atas, kemudian masukkan URL dari halaman produk tersebut. Bagaimana caranya? 

3. Masukkan Data ke Dalam Form

Setelah memilih tipe konten, Anda bisa memasukkan informasi konten tersebut pada form yang disediakan. Jika informasinya adalah alamat website bisa seperti contoh ini:

contoh memasukkan data ke dalam form

Jika ingin membuat QR Code yang menampilkan alamat e mail Anda, silakan pilih tipe konten e-mail dan isi form berikut ini:

Contoh cara memasukkan data email

4. Atur Tampilan QR Code

Di sisi kanan form ada bagian untuk mengatur tampilan QR Code Anda. Klik menu Frame untuk mengatur tampilan bingkai QR Code Anda.

mengatur tampilan qr code

Anda juga bisa mengatur warna bentuk kode yang ada di dalam bingkai QR Code dengan klik opsi Shape & Color.

tampilan kode yang siap digunakan

Anda ingin menampilkan logo brand Anda di tengah QR Code? Gunakanlah opsi Logo dan upload logo bisnis Anda.

menggunakan logo brand bisnis sebagai cara membuat qr code

5. Download QR Code Anda

Sudah puas dengan tampilan QR Code Anda? Saatnya mengunduh QR Code tersebut, baik yang berupa gambar versi JPG atau dalam format vector.

mendownload qr code untuk digunakan mempromosikan produk bisnis

Tunggu beberapa detik, browser Anda akan mengunduh QR Code anda. Tadaa! QR Code Anda siap digunakan! 

qr code sudah berhasil dibuat dan siap digunakan

Anda bisa menggunakan QR Code yang dibuat sesuai dengan tujuannya. Misalnya jika Anda ingin mempromosikan produk baru, Anda bisa menyertakan QR Code pada posting media sosial atau pamflet.

6. Buat QR Code Menjadi Dinamis

Dengan cara di atas, Anda sudah bisa membuat QR Code, tapi hanya untuk jenis Statis. Bagaimana untuk membuat QR Code Dinamis? 

Jika menggunakan qr-code-generator.com, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Tenang, hal itu bisa dilakukan dengan gratis kok.

Selanjutnya, Anda tinggal tinggal membuat QR Code seperti panduan di atas. Nah, jika ingin mengubah konten di dalamnya, Anda bisa klik icon pencil seperti yang ada di bagan ini:

Baca juga:   Apa itu Propagasi DNS? Cari Tahu Cara dan Mempercepatnya di Sini!
mengedit qr code untuk membuatnya lebih dinamis

Silakan isikan informasi baru yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, Anda bisa mendownloadnya lagi dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

Oh ya, dengan melakukan login, Anda tidak hanya dapat membuat sebuah QR code dinamis, tapi juga bisa memantau efektivitas QR Code yang digunakan. 

Hal ini bisa diketahui dari jumlah QR Code yang dipindai oleh para pelanggan Anda seperti yang ditampilkan di menu di bawah ini:

mengetahui jumlah audiens yang sudah melakukan scan kode.

Menariknya, Anda bisa mengetahui jumlah tersebut berdasarkan pengaturan yang digunakan. Untuk mengubahnya, cukup klik opsi details yang ada di bawah angka pemindai QR Code. Data akan ditampilkan dalam bentuk seperti ini:

Opsi edit detail untuk qr code yang sudah dibuat

Anda bisa menikmati semua fitur di atas secara gratis selama 15 hari. Jika menyukainya, Anda bisa membeli paket premium yang ditawarkan, antara lain:

  • Starter$6.08/bulan
  • Advanced$15.21/bulan
  • Professional$45.62/bulan 

6 Manfaat Membuat QR Code untuk Toko Online

Berikut ini adalah manfaat penggunaan QR code untuk toko online Anda:

1. Meningkatkan Transaksi Penjualan

Scan QR code bisa dilakukan dengan mudah dan membutuhkan waktu yang singkat. Bagi pelanggan, QR Code juga akan membantu mereka untuk menemukan promo produk lebih cepat dan memproses pembelian tanpa repot.

Nah, semakin banyak pelanggan yang melakukan transaksi dengan menggunakan QR code, semakin besar juga kesempatan transaksi terjadi di toko online Anda.

2. Biaya Promosi Lebih Hemat

Ketika Anda meluncurkan katalog produk terbaru dalam bentuk pamflet, tentu perlu proses produksi yang cukup lama. Selain itu, biaya pembuatannya juga tidak murah. Belum lagi diperlukan upaya ekstra untuk mempromosikannya. 

Nah, QR Code bisa membuat upaya promosi toko online Anda menjadi lebih efektif dan irit. Anda tak perlu mengeluarkan biaya cetak ratusan lembar pamflet. Apalagi setelah membuat QR Code, Anda bisa langsung menggunakannya promosi di berbagai postingan media sosial.

3. Menarik Pengunjung Toko Online dengan Mudah

Cukup dengan sekali pemindaian, pelanggan bisa diarahkan ke toko online Anda. Bahkan, hal ini mungkin tidak terjadi di satu pelanggan saja, tapi di banyak pelanggan. Bisa dibayangkan berapa banyak pengunjung yang datang ke toko online Anda dengan cara tersebut?

Selain itu, QR Code juga bisa dibagikan melalui media sosial secara luas. Kemungkinan peningkatan traffic pengunjung toko online bisa semakin tinggi, bukan? 

Baca juga:   7+ Image Hosting Gratis, Solusi Hemat Disk Space Website Terbatas

4. Membangun Branding Toko Online Anda

Anda bisa saja membuat QR Code standar seperti yang biasa Anda temukan. Namun, menambahkan logo Anda pada setiap QR code akan membantu upaya branding Anda. 

Bukan hanya untuk mengenalkan brand bagi bisnis yang masih baru, hadirnya logo pada setiap promosi dan aktivitas bisnis di toko online dapat membantu upaya brand awareness dengan lebih baik.  

5. Mengukur Efektivitas Promosi Toko Online

Selama ini Anda mungkin masih berasumsi bahwa sebuah promosi efektif dijalankan. Baik itu berupa promo diskon maupun promosi produk baru. Nah, dengan adanya QR Code, Anda jadi bisa mengetahui informasi lebih pasti. 

Jumlah scan dari QR code promosi produk yang Anda lakukan dapat dipantau di QR Code Generator pilihan Anda. Anda bahkan bisa mengukur seberapa efektif kampanye marketing toko online Anda dalam kurun waktu yang bisa diatur.

6. Membangun User Experience yang Baik

Audiens akan senang ketika Anda menggunakan QR code untuk toko online Anda. Kenapa? 

Pertama, QR Code membuat mereka tidak perlu khawatir terjadi typo ketika mengetikkan alamat website toko online Anda. Kedua, QR Code sangat mobile friendly karena dengan bentuk yang kecil mampu memuat informasi lengkap di dalamnya. Cukup sekali scan dari ponsel, mereka bisa mengakses informasi promo produk toko online secara lengkap. 

Sudah Siap Membuat QR Code untuk Toko Online Anda? 

QR Code terbukti bisa memberikan banyak manfaat untuk toko online Anda. Mulai dari memudahkan upaya promosi sampai meningkatkan penjualan. 

Untuk membuat QR code juga tidak sulit kok. Kami sudah memberikan panduan langkahnya di atas, antara lain:

  1. Memilih QR Code Generator
  2. Menentukan konten yang akan dibuat
  3. Memasukkan data yang ingin digunakan
  4. Mengatur tampilan QR Code sesuai keinginan
  5. Mendownload QR Code
  6. Membuat QR Code menjadi dinamis

Setelah membuat QR code dengan mudah, gunakanlah di berbagai media yang Anda siapkan untuk promosi dan berbagai keperluan lainnya. Dengan demikian, peluang toko online Anda untuk bisa meningkatkan penjualan lebih terbuka lebar. 

Semoga artikel ini membantu Anda agar lebih mudah membuat QR Code toko online Anda ya!



Source link

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: