Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama mitra kerja telah melakukan Uji Coba Tahunan Penyampaian Informasi Kebencanaan Tahun 2020.

Ahmad Ramli, Dirjen PPI Kementerian Kominfo uji coba ini berlangsung di Sheraton Hotel Bandung & Tower itu juga mencakup uji coba di wilayah Kelurahan Dago, Bandung dengan radius ±2 Km dengan melalui sistem peringatan pesan singkat SMS.

“SMS adalah salah satu metode penyampaian informasi bencana yang efektif dan sangat bermanfaat sebagai mitigasi sehingga diharapkan dapat mengurangi dampak korban jiwa dan harta benda,” ujarnya, Jumat (11/12).

Baca juga:   Realme Dinobatkan Sebagai "50 Most Innovative Companies" Tahun 2020

Baca juga: Telkom Siagakan Perangkat Jaringan Hadapi Bencana Banjir

Hasil Rekapitulasi Penyampaian Informasi Kebencanaan melalui SMS yang dikirimkan oleh Operator Seluler selama 30 menit dilaporkan antara lain Telkomsel = 13.239 SMS, Indosat = 5.203 SMS, XL = 2.927 SMS, dan Hutchison 3 = 8665 SMS,” tuturnya.

Sementara itu Plt. Direktur Pengembangan Pitalebar Ditjen PPI Marvels Situmorang menjelaskan dalam uji coba, teks SMS Uji Coba yang bisa diterima oleh masyarakat melalui layanan seluler berbunyi ‘Pesan ini adalah UJI COBA Diseminasi Informasi Bencana melalui SMS di sebagian wilayah Kota Bandung. Kementerian Kominfo – BNPB – Operator Telekomunikasi’

Baca juga:   Desa Digital XL Axiata, Sasar Pemberdayaan Masyarakat Adopsi Teknologi

Selain melalui medium SMS dengan bekerja sama dengan operator, Marvels juga menceritakan jika diakhir tahun 2020 kominfo telah bekerjasama dengan TVRI. Dan untuk Tahun 2021 direncanakan akan bekerjasama dengan Lembaga TV Swasta.

Baca juga: 57 Persen Wilayahnya Rentan Tsunami, Indonesa Butuh Sistem Informasi Kebencanaan

“Selain itu juga akan menambah kerjasama dengan penyedia informasi bencana yaitu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk bencana gempa vulkanik dan erupsi gunung berapi,” jelasnya.

Sekedar informasi, kominfo telah membangun sistem penyampaian informasi bencana sejak tahun 2016 dan telah bekerjasama dengan penyedia informasi bencana antara lain BMKG (Gempa Bumi & Tsunami), KLHK (Kebakaran Hutan & Lahan), BPBD DKI Jakarta (Banjir di DKI Jakarta) dan BNPB (Bencana Nasional), dan telah terhubung dengan Sistem SMS Operator Seluler (Telkomsel, Indosat, XL dan Huchison 3)

Baca juga:   2 Cara Share Lokasi di WhatsApp Antar Pengguna

 

 

 



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: