Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Sejauh ini, berbagai vendor smartphone ikut meramaikan pasar True Wireless Stereo (TWS) di Indonesia. Salah satunya, Realme. Vendor smartphone asal China itu bisa disebut mendominasi pasar TWS Indonesia.

Tercatat, dalam jangka waktu berdekatan, kurang dari 1 bulan saja, realme sudah menambah 2 perangkat TWS berbeda. Misalnya, pada Selasa lalu (30/6), Realme baru saja meluncurkan Realme Buds Q sebagai TWS terbarunya.

Perangkat TWS itu terbilang mirip dengan Mi True Wireless EarBuds Basic Xiaomi yang sudah meluncur lebih dulu pada 2019 lalu. Di tengah situasi itu, Realme Buds Q hadir menawarkan desain premium serta fitur baru, teknologi masa kini.

Lantas apa perbedaan diantara Realme Buds Q dengan Mi True Wireless EarBuds Basic?

Realme Buds Q VS Mi True Wireless Earbuds Basic

Highlight

Perangkat TWS menawarkan cara paktis mendengarkan audio secara nirkabel. Namun, Realme Buds Q tak hanya sekedar mendukung itu, tetapi membawa desain premium hasil kolaborasi dengan José Lévy.

Di samping itu, Buds Q sudah terintegrasi dengan aplikasi penghubung Realme Link, memungkinkan pengguna dapat lebih mudah mengatur semua kontrol cerdas. Fitur pendukung Buds Q juga lebih beragam.

1. Kabel Micro USB dalam Box Buds Q

Dalam satu paket penjualan, Xiaomi dan Realme mengemas TWS dengan penawaran berbeda. Realme Buds Q hadir lebih lengkap dengan penyertaan kabel Micro USB sebagai port penghubung ke pengisi daya. Jangan dianggap sepele, itu akan sangat membantu terutama yang hanya memiliki kabel USB Type-C, seperti yang populer belakangan ini.

Baca juga:   Hati-Hati! Malware Android Ini Bisa Mereset Pabrik Smartphone Setelah Mencuri Uang

Sementara, Xiaomi tak menambah kabel charger di dalam satu box penjualan. Dengan kata lain, pengguna harus membelinya secara terpisah. Terlebih, bagi pemilik smartphone dengan kabel USB Type-C.

2. Buds Q Lebih Ringan dengan Desain Khusus

Realme Buds Q

Sekilas, perbedaan TWS Xiaomi dan Realme sudah terihat. Realme tampak lebih bundar dengan sedikit aksen warna kuning, bagian dari ciri khasnya. Buds Q merupakan hasil rancangan José Lévy, seniman Prancis terkenal, yang menganalogikannya sebagai bebatuan alam (Cobble).

Sedangkan, Xiaomi mengemas EarBuds Basic-nya dengan balutan warna hitam menyeluruh yang bodinya berbentuk persegi panjang. Alhasil, desain juga mempengaruhi berat kedua TWS tersebut. Mi True Wireless EarBuds Basic berbobot 4.1 gram untuk setiap Buds. Sementara, TWS Realme Buds Q hanya seringan 3.6 gram.

Baca juga: Review realme Buds Q : Audio Kuat, Harga Bersahabat dengan Desain Premium

3. Baterai Case Buds Q Lebih Besar

Baterai case di TWS akan mendorong daya tahan Buds lebih panjang. Earbuds Basic Xiaomi dibekali dengan baterai 300mAh pada cangkangnya dan 43mAh di setiap Buds. Dalam hal ini, Realme Buds Q unggul berkat baterai cangkang lebih besar dengan 400mAh. Namun, TWS Realme itu memiliki baterai Buds 40mAh, hanya berbeda tipis dengan Mi True Wireless Earbuds Basic.

Baca juga:   Menkominfo Sudah Beri Izin Starlink Masuk ke Indonesia

4. Fitur Gaming Mode di Buds Q

Pengguna TWS sering kali merasa khawatir adanya delay saat menggunakan Buds untuk menemani bermain game mobile. Agar meminimalisir hal ini, terdapat fitur Gaming Mode di dalam Buds Q. Fitur itu memiliki latensi rendah untuk sinkronisasi sempurna antara video dan audio saat bermain game atau menonton film. Latensi berkurang sebanyak 51%, hanya perlu 119ms untuk mentransfer suara dari smartphone Anda ke realme Buds Q.

Sedangkan Mi True Wireless EarBuds Basic yang hadir lebih dulu, masih belum mengadopsi Mode Gaming.

5. Kontrol Cerdas Buds Q Lebih Beragam

Realme dan Xiaomi menyertakan fungsi kontrol cerdas pada TWS mereka masing-masing. Mi True Wireless EarBuds Basic memungkinkan pengguna untuk mematikan atau pause, melakukan atau menerima panggilan, termasuk mengaktifkan voice assistant.

Sementara, Buds Q menawarkan kontrol cerdas yang lebih beragam, meliputi mengetuk buds dua kali untuk menjawab panggilan telepon atau memainkan dan memberi jeda pada musik, tiga kali untuk memainkan lagu dan tahan kedua buds untuk masuk atau keluar dari Super Low Latency Mode (Gaming Mode).

Baca juga:   Triple Threat! Infinix Note 12 VIP Usung 120W, 120Hz, dan 108MP

Buds Q juga memungkinkan untuk mengaktifkan asisten suara serta mengakhiri panggilan telepon hanya dengan menyentuh dan menahan pada salah satu sisi buds. Semua kontrol cerdas tadi dapat diatur dengan mudah melalui aplikasi cerdas realme Link.

6. Aplikasi Penghubung Realme Link

Realme Buds Q tak hanya diposisikan sebagai TWS biasa, Realme menyebutnya dengan perangkat AIoT. Dengan kata lain, terdapat kecerdasan buatan (Artificial Intelegent) yang ditanamkan dalam Buds Q.

Menariknya Buds Q jadi memiliki aplikasi penghubung bernama Realme Link. Pengguna dapat dengan mudah menemukannya di dalam PlayStore. Realme Link akan membantu pengguna untuk mengatur kontrol cerdas Realme Buds Q.

Sehingga, dapat mengakifkan atau mematikan fungsi tersebut, hanya melalui smartphone saja. Aplikasi penghubug itu hanya mengandalkan koneksi Bluetooth Buds Q, tanpa perlu koneksi tambahan lagi.

Sayangnya, Mi True Wireless Earbuds Basic masih belum memiliki aplikasi seperti itu, semua kontrol cerdas hadir secara permanen pada setiap Buds.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: