Teknologi

Mitra Dana Bisnis meningkat 58% Sejak Diluncurkan


Jakarta, Alkindyweb.com – Dana disebut-sebut makin intensif dalam melakukan pemberdayaan fitur Dana Bisnis di kalangan dunia usaha dari berbagai skala di Tanah Air. Upaya ini merupakan salah satu wujud komitmen Dana, untuk menghadirkan solusi yang memudahkan dunia usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah, (UMKM), dalam mempercepat adopsi teknologi guna meningkatkan kapabilitas serta daya saing bisnis mereka di era yang serba terhubung secara digital ini.

Dengan upaya itu, sepertinya tidak sia-sia, sejak diluncurkan pada 2019, sudah ada 200.000 pemilik usaha yang telah tergabung di Dana Bisnis. Berdasarkan wilayah, 55% dari total mitra Dana bisnis berada di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. Sementara berdasarkan jenis usaha, 61% pengguna Dana Bisnis bergerak di bidang restoran, convenience store, dan pakaian.

“Hingga saat ini, sudah ada 200.000 UMKM yang memanfaatkan Dana Bisnis, fitur khusus yang disediakan bagi dunia usaha untuk mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Dengan angka ini, berarti terjadi peningkatan sebesar 58% dibandingkan ketika Dana Bisnis diluncurkan tahun lalu,”terang Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Menurut dia, Dana terus berupaya untuk menjaring lebih banyak pelaku usaha khususnya skala UMKM yang bergabung dengan ekosistem digital melalui Dana Bisnis, termasuk UMKM yang berada di daerah pelosok.

“Selama masa pandemi Covid-19, Dana telah melakukan program edukasi langsung ke Banyuwangi, Lombok, dan Minahasa Utara untuk membantu digitalisasi UMKM di daerah tersebut.,”kata Vince.

Dijelaskan Vince, melalui serangkaian inisiatif maupun sinergi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, Dana telah membantu para pelaku UMKM di sejumlah daerah untuk terhubung dengan ekosistem digital.

“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. DANA menyadari betapa pentingnya menjaga keberlangsungan serta mengembangkan sektor ini, terutama di saat-saat sulit seperti sekarang. Untuk itu, perlu adanya perubahan mindset dari semua pihak termasuk pelaku UMKM dengan beralih dari cara-cara konvensional menjadi digital agar bisa beradaptasi dengan berbagai tantangan dan dinamika yang terjadi,” ujar Vince.

Baca Juga:Rayakan 11.11, Dana Ajak Pengguna Jadi ‘Sultan’

Vince menambahkan, sebagai sahabat UMKM, Dana berkomitmen dan secara nyata terus mendorong UMKM untuk go digital melalui 3D, yaitu selain diakomodasi dan diakselerasi oleh ‘DANA Bisnis’, para UMKM juga ‘Didampingi’, dan ‘Dipromosikan’ oleh Dana. Dana secara kontinu juga berinisiatif dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk mempercepat digitalisasi UMKM, baik melalui fitur-fitur khusus, pelatihan dan seminar, maupun roadshow ke sejumlah daerah untuk mendorong peningkatan inklusi digital.

Dana Bisnis yang diluncurkan pada 2019 merupakan fitur yang ditujukan untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis online maupun offline. Dengan Dana Bisnis, pelaku usaha dapat mengajukan pembayaran dengan nyaman dan aman melalui penggunaan QRIS kepada konsumen. Kemudahan ini ditunjang dengan kehadiran pendampingan melalui video edukasi bersertifikat dan promosi UMKM melalui fitur nearby di aplikasi Dana. Keunggulan lainnya adalah mitra Dana Bisnis dapat menerima pembayaran maupun melakukan penarikan dana secara langsung (real time). Mitra Dana Bisnis juga dapat memperoleh laporan transaksi terkini.

 



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: