Tutorial


Putri Aprilia
an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.



2 min read

Kumpulan Panduan Blogging

Membuat blog saat ini sudah semakin mudah. Tak heran, banyak pihak membangun blog untuk berbagai tujuan, baik untuk pribadi maupun perusahaan. Contohnya, untuk berbagi pengalaman, sebagai strategi content marketing, dan lain sebagainya. 

Namun, meskipun mudah, Anda tetap membutuhkan panduan supaya blog Anda mampu berjalan dengan baik sesuai tujuan Anda. Apa saja yang perlu dilakukan? 

Nah, di artikel ini, Anda akan belajar berbagai panduan blogging terbaru. Untuk memudahkan Anda, kami membagi artikel ini menjadi enam bagian: 

  1. Apa itu Blog?
  2. Perbedaan Blog vs Website
  3. Cara Membuat Blog 
  4. Cara Mendapatkan Uang dari Blog 
  5. Cara Menjadi Blogger Sukses 
  6. Kebiasaan Blogger Sukses 

Mari kita mulai dari membahas pengertiannya terlebih dulu.

Apa itu Blog?

Blog adalah website yang berisi konten berupa artikel, foto, dan video dengan topik tertentu (niche).

Blog terbagi menjadi tiga jenis, yaitu blog pribadi, profesional dan perusahaan. Tak heran, tujuan dari membuat blog juga berbeda-beda. Ada yang untuk sekadar membagi ilmu, media portofolio, sampai untuk strategi content marketing.

Sebuah blog terdiri dari beberapa struktur utama. Yang pertama, header untuk identitas blog. Selanjutnya, main blog untuk tempat postingan konten. Sidebar untuk fitur tag dan fitur tambahan seperti kalender, dan jam. Terakhir, ada footer yang berisi kontak pemilik blog.

Baca juga:   Cara Pindah Blogspot ke WordPress dengan Aman dan Mudah!

Struktur blog harus ditata supaya terlihat lebih menarik.

BACA PENGERTIAN BLOG, JENIS, MANFAAT, BESERTA CONTOHNYA ›

Perbedaan Blog vs Website

Blog dan website itu tidak sama. Ada beberapa hal mendasar yang membedakan keduanya.

Pertama, dari isi kontennya. Blog berisi konten berupa artikel atau video tentang suatu tema khusus yang diminati pemilik blog. Sedangkan, website berisi informasi lebih umum, contohnya mengenai produk atau layanan.

Kedua, komunikasi di blog cenderung interaktif. Sementara di website hanya bersifat satu arah. Artinya, di dalam blog, ada engagement dari pengunjung yang bisa dibangun.

Ketiga, blog menggunakan gaya bahasa yang lebih personal. Website, umumnya lebih profesional dan formal. Selain itu, masih ada beberapa perbedaan lain dari blog dan website.

BACA 7 PERBEDAAN BLOG DAN WEBSITE YANG WAJIB ANDA KETAHUI ›

Cara Membuat Blog

Untuk bisa membuat blog yang menarik, setidaknya Anda perlu melakukan 6 langkah mudah ini.

Dimulai dari menentukan topik utama (niche) sesuai dengan minat Anda. Dengan punya topik utama, Anda jadi akan mudah mengembangkan blog secara jangka panjang. Misalnya, topik, kuliner, teknologi, fashion, traveling, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, pilih platform blog terbaik. Platform blog adalah media yang akan Anda gunakan untuk mengelola blog. Platform yang paling umum digunakan adalah WordPress dan Blogspot. Tidak hanya itu, masih ada langkah lain dalam membuat blog hingga tahap optimasinya.

Baca juga:   15 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat dan Traffic Website

BACA 6 LANGKAH CARA MEMBUAT BLOG DAN OPTIMASINYA ›

Cara Mendapat Uang dari Blog

Ingin mendapatkan uang dari kegiatan blogging? Tentu saja bisa. Namun, Anda harus tahu dulu caranya.

Pertama, buat konten yang menarik. Ada beberapa cara untuk membuat konten yang menarik. Misalnya, buat konten dari sudut pandang yang berbeda, buat judul yang menarik, dan tambahkan media visual yang mendukung konten. Pastikan Anda melakukannya secara konsisten dan terjadwal.

Selanjutnya, lakukan promosi blog di media sosial, apapun platformnya. Dengan ini, Anda bisa menjangkau lebih banyak pembaca.

Namun, yang terpenting adalah menentukan cara monetisasi blog yang tepat. Tujuannya, agar hasil yang didapatkan bisa optimal.

BACA 6 LANGKAH CARA MENDAPATKAN UANG DARI BLOG ›

Cara Menjadi Blogger Sukses

Untuk menjadi blogger sukses, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda. Jika diterapkan dengan tepat, impian Anda menjadi blogger sukses bisa tercapai.

Pertama, tingkatkan skill menulis Anda. Kemampuan menulis yang baik akan menghasilkan artikel yang berkualitas. Namun, skill saja belum cukup, Anda juga perlu mengatur waktu dengan baik untuk merencanakan target dan waktu posting yang tepat.

Selain itu, Anda juga perlu membangun jaringan yang luas sebagai blogger. Masih ada beberapa tips lainnya. Apabila diterapkan dengan baik, bukan mustahil Anda akan mendapatkan banyak penghasilan dari blog. Mulai dari mendapatkan iklan, endorsement, dan masih banyak lagi.

BACA 9 CARA MENJADI BLOGGER SUKSES ›

Kebiasaan Sukses Blogger

Baca juga:   Cara Membuat Privacy Policy di Blog dengan Mudah

Selain mengetahui tips menjadi blogger sukses, Anda juga perlu mempelajari kebiasaan mereka juga.

Seorang blogger sukses selalu memiliki passion. Hal ini dapat terlihat dari topik yang mereka tulis atau share. Passion juga dapat membuat blogger mampu mengembangkan blog hingga jangka panjang.

Kebiasaan blogger sukses lainnya adalah konsisten. Tak ada blogger yang sukses hanya dalam hitungan hari. Konsistensi dalam menyajikan konten berkualitas adalah salah satu kunci suksesnya. Tak hanya itu, masih banyak kebiasaan blogger sukses lainnya yang perlu Anda tiru.

Buat Anda yang ingin berkecimpung di dunia blogging, penting sekali mengetahui dan menerapkan kebiasaan tersebut.

BACA 13+ KEBIASAAN BLOGGER SUKSES YANG HARUS ANDA LAKUKAN›

Sudah Siap Terjun ke Dunia Blogging? 

Nah, itulah panduan blogging yang sudah Anda pelajari. Cukup banyak juga, ya? Mulai dari pengertian blog sampai memahami kebiasaan blogger sukses. 

Semua langkah di atas bisa mulai Anda terapkan sesuai dengan tujuan dan kemampuan Anda dalam membangun blog. 

Semoga dengan panduan ini, impian Anda menjadi blogger sukses bisa lebih mudah tercapai. Happy blogging! 

Putri Aprilia
an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.



Source link

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: