Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com  – Pendapatan kuartal ketiga (Q3) perusahaan induk Google, Alphabet, meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya, yang disokong oleh pendapatan iklan Google dan YouTube. Divisi periklanan Google mencatat pendapatan sebanyak $ 37,1 miliar, meningkat dari $ 34 miliar tahun lalu. Pendapatan iklan YouTube meningkat 30 persen dari $ 3,8 miliar pada kuartal ketiga 2019.

YouTube dikutip dari The Verge, Jumat, (30/10) menghasilkan $ 5 miliar pendapatan iklan pada kuartal ketiga tahun 2020, ini juga menandakan pengiklan mulai berlahan kembali ke kebiasaan normal, setelah pandemi Covid-19 melanda dunia.

Baca juga:   Gandeng Ericsson, Far EasTone Siap Luncurkan 5G

Ruth Porat, CFO Alphabet dan Google mengungkapkan kebahagiaanya terhadap pengiklan yang belakangan mulai tumbuh secara berlahan, “Kami senang dengan pengiklan yang sejauh ini benar-benar mengakitafkan anggaranya pada kuartal ketiga ini,” kata Ruth Porat.

Baca juga: Setelah Google, AS Segera Ajukan Tuntutan Anti Monopoli Terhadap Facebook

Hal ini juga sebagai penanda bahwa konsumen ingin tumbuh kembali seperti sedia kala, seperti sebelum pandemi berlangsung, “Pertumbuhan berdasarkan waktu tonton yang kuat di YouTube memungkinkan pengiklan saat ini ingin lebih menjangkau pemirsa yang tidak dapat dijangkau di TV. Perusahaan juga telah melakukan investasi dalam moderasi konten untuk memastikan kreator dan pengguna di YouTube memiliki pengalaman yang jauh lebih positif,” lanjutnya.

Baca juga:   Tokopedia Catat Kategori Laris di HUT DKI Jakarta ke-495

Sementara itu CEO Google Sundar Pichai dalam sebuah keterangan juga menjelaskan pendapatan ini sangat kontras dengan kuartal kedua tahun 2020 yang cenderung mengecewakan, di mana pendapatan Google menurun untuk pertama kalinya.

“Kuartal ini, Google kembali tumbuh, dengan pendapatan $ 46,2 miliar pada kuartal ketiga, naik dari $ 40 miliar tahun lalu, dan laba bersih $ 11,24 miliar, naik dari $ 7,06 miliar tahun lalu,” ungkapnya.

Sementara itu pada departemen Google lainya, yang menyangkut perangkat keras, layanan cloud dan play store memiliki pendapatan $ 5,4 miliar, naik dari $ 4 miliar. Divisi Cloud Google memiliki pendapatan $ 3,44 miliar, naik dari $ 2,3 miliar tahun lalu, dan segmen Pencariannya memiliki pendapatan $ 26,3 miliar, naik dari $ 24,7 miliar.

Baca juga:   3 Indonesia Hadirkan Platform IoT



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: