Web Development

Pentingnya dan Manfaat CakePHP

Dunia pengembangan aplikasi web dipenuhi dengan banyak platform, bahasa pemrograman, dan sistem; masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun ada berbagai kerangka pengembangan web seperti Django, Ruby on Rails dan Node.JS; platform pengembangan web de-facto bahkan saat ini adalah PHP. Konfigurasi stok PHP kuno, dengan berbagai paradigma dan konsep pemrograman modern hilang dari sistem. Namun, modularitas ekstrim PHP memungkinkan pengembang untuk membuat kerangka kerja web dan solusi mereka sendiri di atas bahasa. Beberapa framework PHP yang paling populer antara lain Laravel, Yii PHP Framework, Symfony PHP Framework, dan CakePHP. Pada 2018, CakePHP adalah salah satu kerangka kerja web paling populer untuk pengembangan solusi manajemen konten khusus dan solusi jejaring sosial terintegrasi untuk berbagai organisasi. Untuk sejumlah besar aplikasi web berkualitas tinggi, pengembangan CakePHP telah menjadi andalan para pengembang di seluruh dunia.

Apa itu CakePHP?

CakePHP adalah framework PHP open-source yang menggunakan pendekatan MVC (Model-View-Controller) untuk pengembangan aplikasi web. Kerangka kerja ini sangat terinspirasi oleh konsep Ruby on Rails, dan telah menuai pujian karena kesederhanaan dan kemampuannya untuk diperluas. CakePHP telah digunakan secara luas oleh perusahaan perangkat lunak Fortune 500 seperti Cisco dan Corel Inc. serta oleh organisasi lain termasuk pembuat anti-virus BitDefender, dealer mobil autotrader.com, dan majalah mode pria, Mens Health.

Manfaat Kerangka CakePHP

CakePHP menawarkan banyak keuntungan bagi pengembang dibandingkan dengan modul pengembangan PHP kuno tradisional. Beberapa fitur, keunggulan dan manfaat CakePHP yang terpenting adalah:

Hosting Unlimited Indonesia
  • Pola MVC: CakePHP memungkinkan untuk model; dengan kelas model tertentu yang dapat digunakan untuk menyisipkan, memperbarui, menghapus atau membaca data dari database. Sub-sistem tampilan menangani perenderan data di layar saat pengontrol memproses dan merespons peristiwa serta mengubah data sebelum berinteraksi dengan model. Sistem seperti itu memungkinkan pemisahan logika aplikasi web dengan mudah dari presentasi, yang membuat pengembangan lebih cepat untuk aplikasi besar dan situs web yang kompleks.
  • Pemetaan Relasional Objek: CakePHP mendukung pemetaan relasional objek yang meningkatkan cara pengembang membuat aplikasi web dengan mudah. Pemetaan objek-relasional menyimpulkan teknik pemrograman, terutama dalam pemrograman berorientasi objek di mana setiap objek dipetakan ke tipe data tertentu menggunakan model relasional, dan tipe data dapat dengan mudah dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan pengembang.
  • Deteksi Otomatis: Kegembiraan pengembangan CakePHP adalah upaya minimal yang dikeluarkan oleh pengembang dalam konfigurasi sistem. Setiap sub-direktori dan isinya dalam direktori yang dapat diakses secara otomatis dideteksi oleh CakePHP, termasuk skrip khusus. Pengembang hanya perlu menyiapkan database dan koneksinya ke CakePHP, dan framework akan menangani sisanya.
  • Ekstensibilitas: Salah satu manfaat terbesar dari bahasa pemrograman modern adalah ekstensibilitasnya melalui modul, pustaka, dan plugin. Hal ini memastikan bahwa untuk sebagian besar kode, pengembang tidak perlu ‘menemukan kembali roda’ dan menulis fungsi dan kelas dari awal. Sifat modular dari CakePHP memungkinkan pengembang untuk menggunakan kembali kode, dengan modul dan komponen tambahan yang mudah diintegrasikan oleh kerangka kerja menggunakan alat deteksi otomatisnya.
  • Dukungan Ajax: Aplikasi web modern sering kali perlu bertukar data antara klien dan server bahkan saat aplikasi berjalan di browser. PHP tradisional menyegarkan halaman setiap kali data baru diterima dari server: kerugian besar untuk mengembangkan aplikasi berbasis web seperti spreadsheet, pengolah kata dan klien email. AJAX memungkinkan pertukaran data yang tidak sinkron, dan telah menjadi praktik standar bagi pengembang web untuk membuat aplikasi web yang kaya dan imersif. CakePHP secara native mendukung AJAX dan dapat digunakan dalam berbagai cara, termasuk bentuk, peristiwa, dan bahkan peristiwa model hubungan.?

Kesimpulan

Dengan aplikasi web modern menjadi kaya fitur dan kompleks seperti aplikasi seluler dan desktop mereka, manfaat yang diberikan oleh kerangka web modern seperti upaya pengembangan PHP Cake, sambil menambahkan konsep dan paradigma pemrograman modern ke bahasa seperti PHP, menghirup kehidupan segar ke dalam mereka.



Source by Sunny Chawla

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: