Teknologi

Review Earphone TWS Oppo Enco W51


Jakarta, Alkindyweb.com – Sejak akhir 2019, Oppo tidak lagi hanya mengeluarkan smartphone. Perusahaan juga meluncurkan beberapa produk IoT. Dan tahun lalu, Oppo menghadirkan sejumlah earphone nirkabel, di antaranya adalah earphone TWS Oppo Enco W51.

Di tanah air, Enco W51 dibanderol dengan harga debut Rp1.299.000 dan hadir dengan fitur-fitur kekinian seperti pengisian daya nirkabel dan peredam bising yang jarang dapat kita lihat dalam kisaran harga ini. TWS juga mendukung kontrol sentuh dan diklaim menawarkan daya tahan baterai hingga 24 jam.

Terdengar menarik bukan? Apakah Enco W51 sebagus yang terlihat di lembar spesifikasi? Selular mencoba mengetahuinya dengan ulasan ini.

Unboxing

Oppo Enco W51 hadir dalam kotak persegi berwarna putih dengan hasil akhir matte yang bagus, yang mencakup panduan safety dan quick start, kabel USB-C, dan tiga pasang bantalan telinga silikon dalam berbagai ukuran (Kecil, Ekstra Kecil, dan Besar). Ini adalah tambahan untuk yang berukuran sedang yang dipasang pada Enco W51.

Ini tentu sangat melegakan memiliki bantalan telinga dengan ukuran berbeda karena memungkinkan Anda menemukan yang paling pas, yang sangat penting untuk pengalaman mendengarkan yang nyaman, audio yang lebih baik, dan isolasi suara pasif yang baik.

Desain

Oppo Enco W51 memiliki dua pilihan warna: Hitam dan Putih. Casing pengisi daya berbentuk persegi – yang mengemas baterai 480mAh, memiliki berat 55,5 gram dengan bud di dalamnya dan ringan, kompak, dan mudah dibawa-bawa.

Desain casing pengisi daya mengingatkan pada Galaxy Buds Live. Ini memiliki finishing mengkilap dan rentan terhadap goresan dan sidik jari. Casing juga memiliki logo Oppo reflektif di bagian depan, dengan port USB-C terletak di bagian belakang bersama dengan indikator pengisian LED, yang berkedip merah saat level baterai rendah, kuning saat sedang, dan hijau saat penuh.

Di bagian dalam, Anda mendapatkan earphone Enco W51 TWS. Tidak ada label Kiri dan Kanan, tetapi untungnya, itu tidak diperlukan, karena yang di kiri masuk ke telinga kiri Anda, dan yang lainnya di kanan. Sederhana.

Sementara sisi luar casing pengisi daya semuanya mengkilap, bagian dalamnya mengkilap dan sebagian matte. Ada juga tombol fisik yang disebut Tombol Fungsi dengan cincin perak di sekelilingnya, di atasnya terdapat LED lain, yang menunjukkan status koneksi serta level baterai. Melepaskan Enco W51 dari slotnya akan menunjukkan konektor magnet, yang menahan bud di tempatnya dan mencegahnya jatuh.

Berbicara tentang bud Enco W51, ini kecil dan ringan serta terasa sangat nyaman dipakai, bahkan untuk waktu yang lebih lama. Penyanggah ujung telinganya terasa halus dan nyaman juga.

Enco W51 tahan debu dan air IP54, yang berarti Anda akan baik-baik saja memakainya selama berolahraga. Ini juga mendukung kontrol sentuh dan deteksi lowbatt.

Software dan Konektivitas

Earphone Oppo Enco W51 TWS hadir dengan Bluetooth 5.0 dan memiliki jangkauan 10 meter. Anda dapat memilih untuk menggunakan kedua bud secara bersamaan, atau hanya satu per satu dan memasukkan yang lain ke dalam casing.

Kami tidak menghadapi masalah koneksi apa pun selama pengujian saat kami memasangkan Enco W51 dengan smartphone, laptop, dan Android TV. Sempat beberapa kali terputus, tetapi ia langsung nyambung lagi, jadi tidak menghambat apapun.

Enco W51 kompatibel dengan perangkat Android dan iOS dan mendukung Quick Pairing, tetapi hanya berfungsi dengan smartphone Oppo tertentu. Yang juga eksklusif untuk beberapa smartphone Oppo adalah kustomisasi kontrol sentuh. Bagi pengguna smartphone non-Oppo, ini mungkin cukup merepotkan karena Anda harus menggunakan kontrol sentuh default.

Tetapi jika Anda memiliki smartphone Oppo yang kompatibel, Anda dapat menyesuaikan kontrol sentuh sesuai keinginan dari pengaturan Bluetooth.

Namun, ada aplikasi bernama HeyMelody yang memungkinkan Anda memeriksa level baterai bud dan casing pengisi daya pada perangkat Android apa pun. Anda juga dapat meningkatkan firmware melalui aplikasi ini. Jadi sebenarnya hanya pengguna iOS yang tidak memiliki cara untuk meningkatkan firmware Enco W51 atau memeriksa level baterai dari bud dan casing pengisi daya.

Fitur dan Performa

Oppo Enco W51 mengemas driver dinamis 7mm di setiap bud dan memiliki rentang respons frekuensi 20Hz ~ 20KHz. Mereka dilengkapi dengan diagram graphene komposit TPU Ganda untuk meningkatkan respons audio dan kinerja treble. Selain itu, Enco W51 mendukung kontrol sentuh dan deteksi keausan serta fitur peredam bising hybrid untuk musik dan panggilan.

Active Noise Cancellation

Mari kita bicara tentang peredam bising, karena itulah salah satu fitur utama Oppo Enco W51. Oppo menggunakan tiga mikrofon pada setiap bud bersama dengan chip reduksi gangguan digital inti ganda untuk mengurangi kebisingan hingga 35 dB.

Dalam pengujian kami peredam bising cukup layak, Enco W51 jelas tidak menghalangi semua suara dunia luar, kami masih mendengar pada rentang frekuensi rendah seperti suara kereta api dan klakson kendaraan. Tapi secara keseluruhan, fitur peredam bising pada Enco W51 sangat layak diapresiasi, untuk rentang harganya.

Kontrol Sentuh

Software kontrol sentuh pada Enco W51 dapat disesuaikan, tetapi hanya jika Anda mempunyai smartphone Oppo yang kompatibel. Jika Anda memilikinya, Anda bisa mengubah gerakan ketuk dua kali dan ketuk tiga kali dengan menuju ke pengaturan Bluetooth ponsel Anda.

Gerakan ketuk dua kali untuk bud kiri dan kanan memiliki enam opsi – Tidak Ada, Pembatalan bising aktif/nonaktif, Putar/Jeda, Sebelumnya, Berikutnya, dan Asisten Google. Sedangkan gerakan ketuk tiga kali hanya memiliki dua pilihan – Tidak Ada dan Asisten Google.

Secara default, gerakan sentuh ketuk dua kali untuk bud kiri memungkinkan Anda mengaktifkan/menonaktifkan peredam bising, dengan bud kanan memutar trek/video berikutnya. Di sisi lain, gerakan ketuk tiga kali memanggil Asisten Google di kedua bud.

Deteksi keausan pada Oppo Enco W51 berfungsi dengan baik. Ini menghentikan musik saat kami melepaskan bud dari telinga, dan melanjutkan pemutaran setelah kami memasangnya kembali. Ini berfungsi tidak hanya dengan aplikasi streaming musik, tetapi juga YouTube dan Netflix.

Kualitas Audio dan Voice Call

Oppo Enco W51 bekerja dengan baik dalam tes voice call. Lawan bicara juga bisa mendengar kami dengan keras dan jelas, dan kami juga tidak memiliki masalah untuk mendengarkan mereka. Earphone juga mempertahankan koneksi dengan smartphone selama panggilan saat kami bergerak di dalam ruangan.

Berbicara tentang audio, Oppo Enco W51 hadir dengan profil suara yang layak untuk rentang harganya. Treble renyah dan tidak terlalu keras. Vokalnya jelas dan banyak instrumen yang dimainkan dengan cepat tanpa kehilangan detail yang signifikan.

Latensi

Oppo Enco W51 didukung Bluetooth 5.0 dan mengadaptasi Transmisi Bluetooth Latensi Rendah Binaural untuk mengurangi penundaan audio dan meningkatkan sinkronisasi audio-video. Selama penggunaan, kami tidak menghadapi penundaan apa pun antara audio dan video saat menonton video di YouTube dan Netflix, tetapi kami melihat beberapa kelambatan saat bermain game, jadi jika Anda menyukai permainan kompetitif, sebaiknya gunakan headset berkabel atau gunakan earphone nirkabel yang memiliki latensi lebih rendah.

Baterai

Oppo Enco W51 mengemas baterai 25mAh di masing-masing bud, dengan casing pengisi daya memiliki sel 480mAh di dalamnya. Oppo mengklaim bahwa pada volume 50%, Enco W51 dapat menyediakan pemutaran musik selama 3,5 jam dengan sekali pengisian daya dengan ANC diaktifkan, dan 4 jam dengan ANC dimatikan.

Saat dipasangkan dengan casing pengisi daya, Oppo mengatakan Anda bisa mendapatkan total 20 jam pemutaran dengan ANC, dan 24 jam tanpa ANC (active noise cancellation).

Enco W51 melebihi klaim 3,5 jam dalam pengujian kami ketika kami memutar musik pada volume 50% dengan ANC diaktifkan, karena mereka secara konsisten bertahan selama 4 jam. Tetapi jika Anda memutar musik pada volume yang lebih tinggi dengan ANC dihidupkan, Anda akan mendapatkan daya tahan lebih terkuras.

Setelah baterai di dalam bud dan wadah pengisi daya benar-benar habis, Anda dapat mencolokkan kabel USB-C untuk mengisi keduanya. Oppo mengatakan casing pengisi daya dengan Enco W51 di dalamnya membutuhkan waktu 80 menit untuk berubah dari datar menjadi 100%, tetapi dalam pengujian kami, ini membutuhkan waktu hanya satu jam untuk pengisian penuh.

Casing Enco W51 juga mendukung Pengisian Nirkabel Qi dan membutuhkan waktu 2,5 jam untuk pengisian penuh dengan bud di dalamnya. Kami tidak memiliki pengisi daya nirkabel yang kompatibel untuk memverifikasi klaim ini.

Kesimpulan

Oppo Enco W51 mungkin tidak sempurna tetapi memiliki banyak hal yang ditawarkan, seperti peredam bising, peringkat IP54, Pengisian Nirkabel Qi, dan kualitas panggilan yang cukup bagus. Mereka juga sangat ringan dan nyaman untuk dipakai dan menawarkan ukuran yang pas.

Seperti beberapa earphone TWS lain di harga sama, Oppo Enco W51 juga memiliki fitur kontrol sentuh. Jika Anda memiliki smartphone Oppo, Anda bisa menyesuaikan kontrol sesuai dengan keinginan.

Spesifikasi Oppo Enco W51

Ukuran driver: 7mm
Sensitivitas driver: 103dB @ 1KHz
Rentang respons frekuensi: 20Hz ~ 20kHz
Sensitivitas mikrofon: -38 dBV / Pa
Kodek Bluetooth: SBC, AAC
Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0
Jangkauan nirkabel: 10 meter
Baterai earphone: 25 mAh
Baterai tempat pengisian: 480 mAh
Waktu pengisian kabel: 80 menit dengan wadah pengisi daya
Waktu pengisian nirkabel: 2,5 jam dengan wadah pengisi daya
Lain-lain: USB-C, peringkat IP54, Pengisian Nirkabel Qi
Warna: Floral White, Starry Blue, dan Aqua Blue
Berat: 55,5 gram (bud dan wadah)



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: