Teknologi

Review Nokia 5.4: Smartphone Andal Yang Hadirkan Pembaharuan Keamanan Terdepan


Jakarta, Alkindyweb.com – Sepak terjang Nokia, yang sudah lama malang melintang di pasar ponsel Indonesia ‘sangat’ menarik untuk kita simak. Terlebih brand ponsel kawakan asal Finlandia itu sempat menjadi brand paling poluler di tanah air sekitar tahun 2000-an, melalui ponsel feature ikoniknya.

Setelah sekian lama menghilang di pasaran, dan terkubur dengan banyak nama brand yang silih berganti berkuasa pasca era kejayaanya. Ingatan brand ponsel yang lama tengelam diingatan kita itu, seolah kembali terkenang ketika secara berlahan tapi pasti, Nokia mulai rajin merilis smartphone di Indonesia, dengan menapaki jalur pasar ponsel pintar kelas menengah bawah.

Baca juga: Tahan Banting, Nokia 5.4 Segera Edar di Indonesia

Tim selular mendapat kesempatan untuk melihat lebih dekat produk terbaru milik mereka, yaitu Nokia 5.4. Lantas seperti apa kemampuanya simak berikut ulasanya:

Desain Simpel

Secara fisik ketika smartphone ini hadir ditanah penulis, tentu kesan kokoh bisa dirasakan, dan memang untuk brand Nokia yang ada dibenak kita pasti soal build quality-nya. Dan hal ini pun sudah terbukti dari pengalaman kita saat mengunakan produk dari Nokia, sekaligus diperkuat melalui riset Counterpoint yang menyebut jika brand kawakan ponsel ini memimpin di peringkat kepercayaan konsumen berdasarkan perangkat lunak, pembaruan keamanan, dan kualitas build.

Terlebih untuk 5.4 ini dikemas sangat menarik dengan membawa  panel layar HD+ 6,39 inci dengan resolusi 720×1560 piksel yang sangat bisa diandalkan untuk menonton sebuah konten, bermain game ataupn digunakan untuk sekedar bekerja/belajar secara daring.

Dan tampilan luas saat Anda gunakan juga tak terelakan, karena ponsel ini mengusung model punch hole dibagian layar tersebut, sehingga kesan luas dan menawan tentunya bisa dirasakan. Dan yang cukup menarik lagi sebenarnya sepengamalaman pengguna smartphone ini sangat nyaman digengam, dan rasanya sangat pas jika dijadikan perangkat penunjang harian Anda.

Kemampuan andal    

Nah, jika kita lihat dari sektor dapur pacunya Nokia 5.4 ini dibekali dengan chip Qualcomm Snapdragon 662, RAM/ROM: 6/64GB yang jika dirasa kurang lega untuk sektor penyimpanan bisa Anda perluas hingga 512GB melalui slot kartu MicroSD.

Melalui kemampuan yang dibekali itu, Nokia 5.4 terasa cukup bertenaga untuk digunakan sehari-hari, terlebih untuk bekerja/belajar karena berbagai aplikasi penunjang sangat memumpui berjalan diparangkat ini. Dan untuk gaming pun tidak kalah, berbagai game santai yang kasual bisa dilumat semua oleh handset ini.

Baca juga: Nokia Bakal Gelar Konferensi Online Pada 8 April 2021

Ditambah pula kemampuan ini ditunjang dengan kapasitas baterai bertenga 4000mAh, yang bisa aktif dan mampu bertahan selama 2 hari lamanya.

Dan menariknya di sektor dapur daya ini juga dibekali dengan sentuhan teknologi yang dapat memperioritaskan daya. Artinya aplikasi yang sering digunakan menjadi fokus dari pemberian daya, jadi daya yang digunakan menjadi tepat guna, hingga berujung ke penghematan baterai.

Kamera tajam

Kemudian untuk sektor daya bidik, Nokia 5.4 ini dibekali dengan quad kamera dengan kamera utama setajam 48MP+2MP lalu ada kamera depth  4MP, ultra wide 2MP dan lensa macro. Dan untuk kebutuhan narsis dibekali mata lensa 16MP, yang terletak didalam lubang layar bagian depan.

Dari sisi ketajaman kamera ponsel, apa yang dimiliki perangkat ini cukup mumpuni dan 60 kali lebih detail daripada ponsel kamera Nokia pertama (Nokia 7650).

Hasil jepretanya pun cukup bagus baik di dalam maupun di luar ruangan. Lalu sebagai catatan ponsel ini memiliki mode malam yang layak tetapi membutuhkan sedikit kesabaran untuk mendapatkan fokus, dan pasti ada jeda saat AI mengambil cahaya sebanyak mungkin, jadi pastikan tidak ada gerakan dalam bingkai kamera.

Baca juga: Menguak Jurus ‘Terbaru’ Nokia Untuk Pasar Smartphone Indonesia    

Selain itu di mode perekaman juga tak kalah menarik, karena ponsel ini memiliki kemampuan perekaman video sinematik 60fps, sehingga sangat menarik bagi Anda yang memang gemar merekam momen penting bersama keluarga, atau perjalanan liburan.

Jamin keamanan pengguna

Yang menjadi daya tarik dari Nokia 5.4 selain kemampuan yang dibawa juga dari perangkat lunaknya. Perlu Anda ketahui smartphone ini hadir dengan OS Android 10, namun bisa dipastikan siap untuk update ke Android 11.

Lalu smartphone ini juga sangat aman digunanakan, karena akan mendapat 3 tahun pembaruan keamanan bulanan dan 2 tahun peningkatan perangkat lunak secara berkala. Jadi tidak hanya kokoh dibagian luarnya saja, untuk keamanan perangkat untuk pengguna juga terbilang kuat dari update dan upgrade sistem itu.

Lalu di sektor pembaharuan perangkat lunak ini juga menjadi salah satu diferensiasi Nokia dari produk smartphone lainya, dimana keamanan perangkat menjadi prioritas. Mengingat diera digital ala pandemi covid-19 ini, jika Anda melihat di Asia Tenggara terutama di Indoneisa soal bagaimana cara masyarakat bertransaksi dengan uang, ada perubahan kebiasaan yang luar biasa.

Baca juga: Samsung Bayar Royalti Atas Penggunaan Video Paten Nokia

Jika di Eropa, atau negara lainya, orang lebih banyak menggunakna kartu kredit. tapi di Indonesia melampaui itu, lebih banyak yang menggunakan e-wallet, seperti OVO, Gopay, LinkAja, dan internet banking seperti BCA, Mandiri dan lain-lainya.

Sehingga kinerja smartphone di sektor keamananan perangkat menjadi sangat penting, apalagi berdasarkan data Statista sekitar 80 persen benar-benar mengunakan salah satu cara pembayaran yang berada di ponsel cerdas mereka, dan itu berarti mereka juga menyimpan uangnya di perangkat tersebut.

Untuk kenyamanan yang lebih lagi, aplikasi Family Link akan membantu menghalau kekhawatiran penggunaan perangkat bagi anggota keluarga, termasuk si kecil. Memungkinkan Anda mengatur peraturan dasar digital pada perangkat dan memonitor penggunaan mereka, aplikasi ini akan membantu melindungi keluarga Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan Google Assistantvii untuk membantu kapanpun diperlukan, hanya dengan mengatakan “Hey Google”.

Kesimpulan

Ponsel ini sudah pasti menjawab kebutuhan, karena sudah dibekali spesifikasi yang cukup memumpuni dikelasnya. Lalu yang juga patut juga diperhitungkan dari Nokia 5.4 ialah soal baterai yang disamatkan dengan teknologi penghemat yang dibawnaya,  sudah pasti mampu bertahan 2 hari menjadi sangat penting, apabila Anda ingin memiliki perangkat penunjang kerja atau untuk memenuhi kebutuhan anak Anda belajar jarak jauh smartphone ini bisa sangat andalkan.

Terlebih soal keamanan yang perangkat ini bawa, tentu menjadi daya pikat tersendiri yang juga perlu Anda pertimbangkan manfaatnya.  Update keamanan terbaru dari Google untuk Nokia 5.4 akan menjadi sangat signifikan, dan hal ini dilakukan terus dan kemungkinan besar selalu menjadi yang terdepan dalam hal ini, dan tanpa dikenakan biaya tambahan.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: