Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com –  Sebagai brand smartphone yang tergolong muda, realme terbilang agresif dalam meluncurkan produk baru. Hampir setiap bulan sang vendor mempunyai entry baru di list produknya. Setelah bulan lalu memperkenalkan realme narzo 30A di nusantara, hari ini (7/4/2021) realme resmi meluncurkan realme 8 Series yang terdiri dari realme 8 dan realme 8 Pro.

Sudah bisa dipesan di sejumlah e-commerce, realme 8 Pro tersedia dalam dua pilihan warna (Infinite Blue dan Infinite Black) dan dijual seharga Rp4.499.000 (8/128). Sedangkan realme 8 tersedia dalam dua opsi warna (Cyber Silver dan Cyber Black) dengan harga Rp3.599.000 (8/128).

Selular berkesempatan bercengkrama dengan realme 8 Pro sebelum peluncuran resminya hari ini. Berikut ulasan kami terhadap jagoan baru “108MP, Capture Infinity.” di segmen menengah tanah air.

Unboxing realme 8 Pro

realme 8 Pro hadir dalam kotak warna kuning yang sudah sangat akrab dengan jeroan yang juga familiar. Ada pengisi daya dengan teknologi SuperDart 50W dan kabel USB-A-ke-C yang bisa mengisi daya pada kecepatan 6,5A. Di dalam kotak, konsumen juga akan menemukan jelly case transparan yang akan melindungi dan memberikan pegangan ekstra.

108MP, Capture Infinity

108MP merupakan piksel tertinggi di industri smartphone saat ini, dan realme 8 Pro adalah smartphone realme pertama yang dibekali kamera 108MP. Menciptakan standar baru untuk smartphone mid-range, realme 8 Pro ini menjadi trendsetter teknologi terbaru melalui kemampuan kamera dan trendsetter design melalui tampilan yang lebih Fresh, Unik dan tipis.

Ditujukan bagi kalangan muda untuk berkarya tanpa batas, realme 8 Pro mengusung kamera cemerlang 108MP menggunakan sensor Samsung HM2. Berkat kamera utama 108MP Ultra Quad Camera, ponsel tidak hanya menjanjikan foto dan video berkualitas tinggi untuk pemotretan siang dan malam, tetapi juga memberi fitur 3X in-sensor Zoom.

Ditambah bodi tipis (1,8mm) dan bobot ringan (176g), desain Infinite Bold dengan Proses AG-Crystal, serta layar 6,4 inci Super AMOLED dengan Fingerprint di dalam layar, wajar bila ponsel menyandang predikat smartphone dengan kamera 108MP terbaik dan trendi saat ini.

Infinite Bold Design

AG-crystal Process

Dari sisi desain, sekilas tidak ada yang menonjol di realme 8 Pro. Namun jika dilihat lebih dekat, kerangka bangun dan lapisan luarnya sangat berbeda dari smartphone kebanyakan. realme mengklaim selalu berkomitmen dalam menyajikan Trendsetting Design untuk mendobrak estetika konvensional dan membawanya ke sektor konsumer-elektronik. realme 8 Pro Infinite Bold Design dengan tulisan slogan realme, Dare to Leap terpatri di bagian belakang sehingga tampilannya jauh berbeda dari smartphone realme sebelumnya.

Selain itu, realme menggunakan teknologi pemrosesan AG-Crystal. Proses AG adalah favorit pada teknologi bagian belakang smartphone, yang menangkap konsumen yang tak terhitung jumlahnya dengan perasaan tangan yang halus dan kualitas bermutu tinggi. Proses AG konvensional dilakukan dengan melapisi penutup belakang dan mengetsa menjadi butiran kecil yang tak terhitung jumlahnya dengan bentuk bola, untuk mencapai efek matte. Sebaliknya, realme memperbesar dan mencerahkan butiran kecil, mengukir tekstur mikro dengan bentuk prismatik polihedral pada butiran berbentuk bola dengan teknologi ukiran laser dengan 3D untuk meningkatkan rasa dimensi ketiga. Karenanya, bagian belakang smartphone menampilkan tekstur kristal mineral alami, yaitu glossy dan matte, kasar dan halus, indah dan halus.

Jika Anda mendekat dan memperhatikan dengan cermat, atau memperbesar gambar belakang realme 8 Pro, Anda akan melihat langit berbintang yang terdiri dari butiran-butiran kecil padat, yang seperti mimpi dan futuristik – seolah-olah kita memegang langit berbintang di tangan. realme menyebut desain yang berani dan ‘dreamy’ ini yang menggabungkan elemen jalanan yang trendi: Infinite Bold Design.

Di Indonesia, realme 8 Pro tersedia dalam dua warna cantik: Infinite Blue (Biru Galaksi) dan Infinite Black (Hitam Angkasa). Infinite Blue seperti mimpi dan mempesona sedangkan Infinite Black misterius dan sederhana.

Super Tipis

Tren tampilan smartphone ramping dan ringan memang mulai populer sejak tahun ini. Ini akan menjadi fitur penting pada desain smartphone realme di masa depan. realme 8 Pro mempunyai bodi yang sangat ramping: super slim & light dengan trendsetting design.

realme 8 Pro membuat kemajuan yang signifikan dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya dengan bobot 176g dan ketebalan 8,1mm, yang nyaman untuk digenggam dibandingkan dengan kebanyakan smartphone dengan bobot lebih dari 200g saat ini.

Infinite Clarity Ultra Quad Camera

108MP Infinite Clarity Quad Camera dengan Sensor Samsung HM2

realme 8 Pro dibekali kamera 108MP, piksel tertinggi di industri smartphone saat ini. Kamera utama mengadopsi sensor Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga dengan piksel ultra tinggi 108MP, dengan sensor ekstra besar 1/1,52 inci dan resolusi maksimum 12000×9000.

Sensor HM2 didukung oleh teknologi isolasi piksel ISOCELL Plus canggih dari Samsung, mengadopsi bahan baru yang dikembangkan oleh Fujifilm untuk menggantikan penghalang logam guna memecahkan masalah interferensi antara piksel yang berdekatan, yang mengurangi kehilangan optik dan warna silang, menjamin kesetiaan warna yang lebih tinggi dan meningkatkan ISO sebesar 15%.

Sedangkan teknologi Smart-ISO dapat memilih pengaturan ISO terbaik secara otomatis sesuai dengan lingkungannya. Tidak peduli apakah gelap atau terang, Anda dapat mengambil foto yang jelas, cerah, hierarkis, dan penuh warna.

Baca juga:   Hands On Samsung Galaxy Watch 3 di Indonesia

Selain itu, sensor HM2 mendukung teknologi 9-in-1 Pixel Binning, yang memungkinkan sembilan piksel 0,7μm yang berdekatan digabungkan untuk mensimulasikan piksel 2,1μm besar dan meningkatkan kualitas gambar di bawah cahaya redup.

8MP Ultra Wide-Angle Lens, 2MP Black & White Portrait Lens, dan 2MP Macro Lens

Dengan apertur f/2.25 beresolusi 8MP, pengguna tidak perlu bersandar untuk mengambil gambar yang sempurna berkat lensa sudut ultra lebar dengan bidang pandang 119° ini. Cukup satu klik untuk beralih ke mode sudut lebar, memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar lanskap, arsitektur, dan grup besar yang lebih menakjubkan.

Sistem filter warna baru memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

Lensa ultra makro memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm.

16MP Selfie portrait

Kamera depan realme 8 Pro sebesar 16MP juga hadir dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan Super Nightscape untuk memastikan setiap foto selfie tampil sempurna.

Fitur Seru Infinite Camera

Ultra-clear 108MP Mode

Berkat sensor ISOCELL HM2 yang ditingkatkan dengan sensor besar dan resolusi super tinggi, realme mengembangkan algoritma definisi ultra-tinggi baru untuk mode 108MP, memberi pengguna kejelasan yang tak tertandingi di setiap bidikan ultra 108MP. Dalam Mode Ultra 108MP, Anda juga dapat mengaktifkan fungsi pengenalan pemandangan AI, yang mengambil gambar jernih dan warna-warna cerah.

Super Nightscape Baru

Mode Nightscape mendapat manfaat dari tiga teknologi: ISOCELL Plus; Smart-ISO dan Pixel Binning 9-in-1. Performa gambar realme 8 Pro sangat bagus bahkan tanpa mode bentangan malam super. Namun, fungsi baru Super Nightscape yang ditingkatkan mencakup algoritme Pure Raw Nightscape dengan pengurangan noise gambar AI dan penghapusan piksel mati secara otomatis, yang membuat gambar bentangan malam cerah dan murni.

Algoritme Super Nightscape realme telah diperbarui ke generasi kelima dengan Pro Nightscape, Ultra Nightscape, Mode Tripod, dan sebagainya, serta menangani berbagai kondisi langit malam yang rumit.

3X In-sensor Zoom

realme memiliki teknologi baru Zoom yang dinamakan 3X In-Sensor Zoom. Ini hanya menggunakan 12MP dari 108MP yang diperbesar untuk menghasilkan gambar. Dibandingkan dengan algoritma crop biasa, ini memiliki ukuran pencitraan yang lebih kecil dan kecepatan pencitraan yang lebih cepat. Dengan Clarity Enhancement Algorithm, 8 gambar dapat dengan cepat diambil gambarnya setiap kali, dan kemudian disintesiskan dan dikeluarkan untuk lebih meningkatkan ketajaman. Dengan membandingkan kejelasan terhadap sampel ponsel dengan zoom optik 3x, realme 8 Pro tidak dibayangi sama sekali.

Starry Mode Baru

Kali ini, realme menghadirkan Mode Starry generasi kedua yang ditingkatkan. realme telah mengoptimalkan proses pencitraan, memisahkan langkah pencerahan berbintang dari algoritme dan diproses oleh ISP di SoC, yang dipromosikan sebagai efek pencerahan yang pasti dan pengurangan kebisingan.

Video Starry Time-Lapse

Fitur ini merupakan yang pertama di seluruh dunia. Biasanya untuk merekam time-lapse langit berbintang dari lensa kamera profesional, kali ini realme membawa teknologi itu lebih dekat dengan semua kalangan.

realme telah mengembangkan Algoritma Video Time Lapse eksklusif berdasarkan Starry Mode. Saat memotret Starry Mode, realme 8 Pro mengambil 16 foto individual setiap 15 detik selama 4 menit, lalu algoritme menggabungkannya menjadi gambar akhir. Tetapi saat merekam Video Starry Time-Lapse, untuk melepaskan tekanan ROM dan RAM, smartphone akan mengambil foto berbintang pada interval 15 detik, tetapi hanya menyimpan 15 foto terakhir untuk membuat gambar berbintang, dan akhirnya menggabungkan foto-foto ini menjadi video time-lapse dengan kecepatan 30fps.

Hanya dengan satu smartphone dan satu tripod yang stabil, Anda dapat merekam Video Starry Time-Lapse tanpa kamera profesional dan perangkat lunak pengedit video komputer. Anda dapat mengambil 240 foto berbintang dalam satu jam, dan Anda akan mendapatkan video selang waktu berbintang 8 detik.

Video Time-Lapse Tilt-shift

Mode Tilt-shift sejatinya dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur, menggunakan semacam ilusi optik mata manusia. Saat kita menatap objek yang sangat dekat dengan kita, latar depan dan latar belakang biasanya tidak fokus. Jika kita menambahkan efek blur yang tepat pada gambar seperti itu, otak kita mengira kita sedang melihat lanskap miniatur yang sangat dekat dengan kita.

Biasanya, efek buram ini dicapai dengan lensa tilt-shift yang mahal, yang membuat bagian foto menjadi jelas, dan sebagian menjadi buram. Dengan algoritme fotografi tilt-shift baru kami, realme 8 Pro sekarang dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur yang ajaib.

Mode Tilt-shift juga memungkinkan Anda menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual. Anda dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek blur agar sesuai dengan pemandangannya. Mode Tilt-shift juga mendukung perekaman video time-lapse dengan pemutaran 10x, menyajikan dunia nyata dengan cara yang lebih fantastis dan unik. Perekaman video time-lapse Tilt-shift ini juga yang pertama si seluruh dunia, dihasilkan langsung dari smartphone.

Baca juga:   Jelang PSBB, Smartfren Pastikan Kinerja 4G Optimal

Neon Portrait, Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, New AI Portrait, Dual-view Video, dan Ultra Nightscape Video

Seperti yang Anda ketahui, lampu latar adalah fitur umum dari banyak potret malam. Mode ini membantu meningkatkan efek blur untuk menciptakan bidikan yang lebih “dreamy”.

Gunakan Dynamic Bokeh untuk menyorot subjek Anda dengan latar belakang yang bergerak-gerak, menciptakan kesan gerakan yang menarik.

Gunakan Mode AI Color Portrait jika Anda ingin fokus kepada subjek foto. Dalam mode ini, orang sebagai subjek akan diberi warna, namun latar belakang akan berwarna hitam putih. Ambil gambar, dan Anda adalah protagonis unik. Tak hanya foto, Mode AI Color Portrait juga bisa merekam gambar, bahkan sembari vlogging menggunakan kamera depan.

Algoritma Potret AI baru secara otomatis mendeteksi potret dalam berbagai skenario, dan mengoptimalkan bidikan yang sesuai. Pengguna dapat mengambil bidikan potret yang tampak alami dan hidup tanpa menggunakan mode khusus apa pun.

Video Dual-view terbaru memungkinkan pengguna merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda akan dapat mengambil berbagai video pendek yang kreatif dan menarik!

realme juga telah meningkatkan algoritme peningkatan AI pada Ultra Nightscape Video dengan deteksi pencahayaan pintar. Ini sangat meningkatkan kecerahan dan kejernihan bidikan, memungkinkan Anda merekam video malam yang indah dengan mudah.

Infinite Performance

50W SuperDart Charge

Dengan 50W SuperDart Charge, baterai 4500mAh dapat diisi hingga 100% dalam 47 menit. Dan hanya dalam 17 menit, dapat mengisi hampir 50% baterai. Memanfaatkan teknologi pompa pengisian tegangan tinggi, 50W SuperDart Charge mewujudkan efisiensi daya pengisian 97% dan mendukung Perlindungan Pengisian 5 Dimensi. Sementara itu, realme 8 Pro hadir dengan adaptor standar 65W yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat yang lebih luas dengan cepat.

realme 8 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 4500mAh. Ditambah dengan Snapdragon 720G 8nm konsumsi daya rendah dan Layar Super AMOLED, Anda akan dapat menggunakan ponsel ini sepanjang hari, dan masih memainkan beberapa putaran MMO saat Anda tiba di rumah.

realme terkenal apik dalam mengolah menejemen daya. Di realme 8 Pro, tersapat fitur “Pengoptimalan Baterai Semua Layar” di tingkat perangkat lunak. realme telah menyiapkan respons pengoptimalan baterai untuk pengelolaan tugas latar belakang, siaga larut malam, dan bahkan skenario baterai lemah. Meskipun level baterai Anda 5%, realme 8 Pro akan tetap standby selama 32 jam.

Beberapa Pengoptimalan Baterai:
• Mode Hemat Daya Super / Mode Hemat Daya
• Pengoptimalan Tidur Siaga
• Aplikasi Quick Freeze
• Penjaga Pengisian Malam Hari
• Optimasi Baterai Layar

Hasil Tes Ketahanan Baterai:

Telepon Spotify Game WhatsApp YouTube
Masa Pakai Baterai (jam) 33 82 8 22 20

 

Qualcomm Snapdragon 720G

realme 8 Pro dibekali dengan Snapdragon 720G. Prosesor ini dibuat menggunakan proses 8nm yang canggih, lebih bertenaga dan efisien. Snapdragon 720G juga dilengkapi dengan Kryo 465 CPU dengan dua core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.3GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 1.8GHz, bersama dengan GPU Adreno 618 baru, yang sama dengan Snapdragon 730G. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 720G memiliki peningkatan 10% dalam kinerja CPU, 75% peningkatan kinerja GPU dan Tampilan.

6,4-inch Super AMOLED Fullscreen & In-display Fingerprint

realme 8 Pro dibekali layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan tampilan penuh. Berkat itu, realme 8 pro juga menghadirkan fitur Always-on Display, sehingga Anda dapat melihat informasi penting dalam sekejap. Pada saat yang sama, layar Super AMOLED juga dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar yang peka cahaya yang dapat dibuka dengan cepat. Dibandingkan dengan membuka kunci tombol, penempatan dalam layar terasa lebih alami dan menawarkan pengalaman yang lebih interaktif dan efisien.

Dari segi spesifikasi, layar Super AMOLED Samsung 6,4 inci ini mencapai resolusi FHD+ dan tingkat sampling sentuh hingga 180Hz untuk daya tanggap yang lebih baik saat bermain game. realme 8 Pro juga menyertakan mode sinar matahari hingga 1000nits untuk memastikan layar terlihat bahkan di bawah kondisi sinar matahari yang terang. Layar ini juga mendukung fungsi peredupan seperti DC dan Mode Pelindung Mata, yang secara efektif mengurangi kelelahan mata.

Sertifikasi Audio Resolusi Tinggi & Varian Memori

realme 8 Pro mendukung Sertifikasi Audio Resolusi Tinggi untuk memastikan pengalaman audiovisual berkualitas tinggi.

realme 8 Pro memiliki varian memori besar 8GB+128GB yang juga dilengkapi dengan slot 3 kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD (hingga 256GB).

NFC Multifungsi

Meriahkan gaya hidup Anda dengan sambungan NFC yang ada pada realme 8 Pro untuk terkoneksi dengan speaker Bluetooth dan aksesoris lain yang mendukung. Pengguaan NFC juga dapat dimaksimalkan untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

realme UI 2.0

100+ Opsi Personalisasi

Berdasarkan Android 11, realme UI 2.0 lebih cepat, lebih mulus, dan lebih aman. Sangat dapat disesuaikan adalah salah satu nilai jual utama realme UI 2.0, memungkinkan Anda untuk berkreasi tanpa batas karena mendukung lebih dari 100 item yang dapat disesuaikan. Misalnya, Warna Tema Global, 3 Gaya Mode Gelap, Kustomisasi Ikon dan banyak lagi fitur menarik dan berguna.

Kemudian realme membuat beberapa fitur berbagi yang ramah untuk anak muda. Jika Anda menyukai musik, jangan lewatkan Mode Berbagi Musik Dual untuk berbagi trek favorit Anda saat ini dengan teman-teman Anda. Dan realme Share yang kuat memungkinkan Anda berbagi foto dengan teman dalam sekejap. Fitur subtitle stitching baru memungkinkan Anda untuk berbagi film favorit dan kutipan favorit Anda dengan mulus.

Perlindungan Privasi

Teknologi perlindungan data Deepsea Privacy Plan akan memastikan bahwa data & informasi pribadi Anda sangat aman dan terlindungi. Ruang Pribadi adalah tempat yang aman di mana Anda dapat menyembunyikan aplikasi dan dokumen pribadi Anda dan untuk lebih memperkuat keamanan, pintu masuknya disembunyikan dengan kata sandi.

Kedua adalah Perisai Keamanan. realme UI 2.0 sekarang menyediakan perisai pembayaran, sistem pemantauan izin aplikasi, pemblokiran situs palsu, dan akses ke fitur keamanan Android 11. Dengan semua fitur ini, Anda dapat berbagi kreativitas tanpa mengkhawatirkan perlindungan data pribadi dan privasi mereka.

Peningkatan Efisiensi

realme telah meningkatkan kelancaran pada realme UI 2.0 secara signifikan, yang lebih kondusif untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Dengan menggunakan mesin fluida, realme UI 2.0 telah meningkatkan pemanfaatan sumber daya sistem sebesar 45%, peningkatan pemanfaatan sumber daya sistem sebesar 45%, yang menghasilkan peningkatan kecepatan sistem sebesar 32% dan peningkatan stabilitas frame rate sebesar 17% dibandingkan generasi sebelumnya.

realme juga meningkatkan kecepatan ketika membuka aplikasi, realme UI 2.0 yang menampilkan metode pra-peluncuran AI menjadi mempersingkat waktu 23,63% untuk peluncuran aplikasi. Itulah realme UI 2.0 baru, kesenangan tanpa batas bagi pengguna Gen Z.

Masa Garansi

Biasanya dalam membeli smartphone, Anda sering juga menanyakan soal garansi. Normalnya, setiap pabrikan smartphone memberikan garansi mesin selama 12 bulan. Nah di realme 8 Pro, realme memberikan garansi mesin 18 bulan dan tambahan garansi untuk layar selama 6 bulan. Suatu langkah menarik bagi smartphone segmen harga menengah.

Kesimpulan

Pembaruan besar-besatan dilakukan realme di realme 8 Pro. Mulai dari besaran resolusi kamera utama yang mencatatkan rekor MURI untuk hasil cetak foto terbesar dari smartphone, deretan fitur kamera yang pasti disukai anak muda untuk membuat konten sosial media, tampilan belakang yang eye-catching, bobot yang ringan dan tipis, serta pengisian daya cepat dan NFC yang selalu ditanyakan keberadaannya, hingga antarmuka baru.

Menurut kami fitur kamera yang ditawarkan menjadi daya tarik utama selain tipis dan ringan. Kami yakin bahwa realme 8 Pro dapat sukses di segmen harganya dan paati disukai anak muda. Mereka bisa mengeksplor sekeliling dengan fitur kamera realme 8 Pro dan mengunggahnya di sosial media.

realme 8 Pro bisa didapatkan melalui pre-order mulai 7 April di JD (http://bit.ly/pre-order-realme-8-pro-jd) dan situs resmi realme (http://bit.ly/pre-order-realme-8-pro).

Spesifikasi realme 8 Pro

Processor Qualcomm® Snapdragon™ 720G
CPU:8nm, Octa-core, Up to 2.3GHz
GPU:Adreno 618
AIE:5th Generation Qualcomm AI Engine
Storage & RAM RAM:8GB LPDDR4x
ROM:128GB UFS 2.1
Display 16.3cm (6.4”) Super AMOLED Fullscreen
Resolution:2400×1080 FHD+
Screen-to-body ratio:90.8%
Peak brightness: 1000 nits
Touch Sampling Rate: 180Hz
Charging & Battery 50W SuperDart Charge
4500mAh(typ)
Includes an 50W charger & cable
USB Type-C port
Camera 108MP Primary Camera
1/1.52″ sensor size
f/1.88 aperture
6P lens
PDAF
8MP Ultra Wide-angle Lens
f/2.25 aperture
FOV 119°
5P lens
2MP Macro Lens
f/2.4 aperture
4cm shooting distance
2MP B&W Lens
f/2.4 aperture
16MP In-display Selfie
f/2.45 aperture
Sony IMX471 Sensor
5P lens
Cellular & Wireless 3-Card Slot
2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot
Frequency Bands:
GSM: 850/900/1800/1900
WCDMA: B1/B5/B8
FDD-LTE: B1//B3/B5/B8
TDD-LTE: B38/B40/B41(2535-2655MHz)
Wireless:
2.4/5GHz
802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth 5.0
Navigation GPS/APGS/GLONASS/ BEIDOU
Audio Double mic noise suppression
Hi-Res Audio
Size & Weight Length: 160.6mm
Width: 73.9mm
Depth: 8.1mm
Weight: 176g
Sensors Ultra-fast in-display fingerprint sensor
Light sensor
Proximity sensor
Magnetic induction sensor
Acceleration sensor
Gyro-meter sensor
Operating System realme UI 2.0
Based on Android 11
Packing List realme 8 Pro
USB Type-C Cable
50W Charge Adapter
SIM Card Needle
Screen Protect Film
Protect Case
Quick Guide
Important Product Information (including the Warranty Card)

 



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: