Teknologi

Review Realme Narzo 30A: Ponsel Gaming Rp1 Jutaan Dengan Baterai Jumbo


Jakarta, Alkindyweb.com – Smartphone gaming saat ini sedang digandrungi banyak orang dari berbagai khalayak, khususnya di kalangan anak muda. Pasalnya, bermain game menjadi salah satu hiburan yang dapat menghilangkan rasa bosan terlebih karena efek pandemi yang mengharuskan seseorang berada di rumah saja.

Tak sedikit penggemar game yang mencari gadget dengan low budget untuk mereka gunakan dalam bermain game. Tak hanya soal harga, performa dari smartphone gaming tersebut pun juga menjadi penting untuk ditinjau.

Guna mengabulkan keinginan kebanyakan anak muda yang gemar bermain game, Realme akhirnya memberi solusi dengan mengeluarkan smartphone gaming pertamanya di 2021. Realme Narzo 30A ini dipercaya menjadi smartphone untuk para anak muda yang mencari smartphone powerful dan memiliki desain yang lain dari biasanya alias kekinian.

Kali ini tim Selular berkesempatan menjajal Realme Narzo 30A yang dibandrol dengan harga resmi Rp1.899.000. Untuk ponsel gaming kelas entry-level dengan harga Rp1 jutaan pastinya banyak menarik perhatian para gamer yang mendambakan smartphone gaming canggih dengan harga ramah di kantong. Agar lebih mengenal keunggulan dari Realme Narzo 30A, berikut ulasan Selular untuk Anda.

Rangkaian Isi Kotak

Sebelum mengulas tentang kecanggihan dari Narzo 30A ini, mari kita ulas dahulu paket penjualan dari isi Realme Narzo 30A kali ini.

Series Narzo 30A ini memiliki kotak dengan warna yang berbeda dibandingkan dengan realme lainnya, yaitu berwarna biru dengan aksen putih sehingga membuatnya terlihat berbeda dari biasanya.

Selain  mendapatkan unit smartphone, pembeli juga akan mendapatkan kabel USB dan charger, dilengkapi juga dengan buku panduan serta pin ejector untuk membuka slot SIM card dan MicroSD.

Sayangnya, pada pembelian series Narzo 30A tidak mendapatkan headset maupun jelly case, sama seperti pembelian pada Realme Narzo 20. Namun dirasa itu tak jadi masalah bagi penggemar kelas smartphone gaming harga 1 jutaan. Terlepas dari itu, masih banyak keunggulan di balik smartphone gaming entry-level ini, mari simak terus ulasan tim Selular kali ini.

Performa Yang Patut Diacungkan Jempol

Dengan mengusung MediaTek Helio G85 yang dapat memberikan smooth untuk para penggunanya dan tetap memberi harga yang tak mencekik yakni kisaran Rp1 jutaan, Realme Narzo 30A bisa dibilang cukup berani dibandingkan kompetitor lainnya. Pasalnya, tak jarang brand smartphone yang menyajikan performa hampir sama namun menaruh harga sekitar Rp2 jutaan keatas.

Ponsel ini juga ditenagai RAM 4GB serta didukung memori internal 64GB. Spesifikasi ini sudah sangat mumpuni untuk bermain game popular di smartphone. Penulis juga mencobanya dengan bermain game Guitar Flash selama dua jam lebih serta menjajal untuk menonton serial drama dan alhasil ponsel tak cepat panas.

Jika Anda penasaran bagaimana performa Realme Narzo 30A pada saat digunakan untuk bermain PUBG, tonton terus youtube channel SelularTV karena video gaming test dari Realme Narzo 30A akan diulas secara lengkap.

Desain Unik Dengan Diagonal Stripe

Tak hanya dari performa, Realme Narzo 30A rupanya memanjakan para anak muda dengan tampilannya karena hadir sesuai dengan tren masa kini. Series Realme kali ini menampilkan gaya Diagonal Stripe Design dan menciptakan ruang visual yang seolah bergelombang dan apik sehingga mudah dikenali.

Desain ini menunjukkan sikap dan kepribadian dinamis ala anak muda, karena visual anyar ini mengingatkan pada sebuah pergerakan dan menunjukkan gaya bebas. Kemudian jika dilihat dari jauh pun dirasa dengan mudah cepat menarik hati para pembeli pada saat pandangan pertama.

Soal warna, series Narzo 30A kali ini diperkenalkan oleh realme dengan dua warna yakni laser black dan laser blue. Kebetulan yang dijajal oleh tim Selular kali ini yaitu series Narzo 30A dengan warna laser blue.

Mungkin terdengar sedikit klasik jika penulis bilang warna laser blue lebih cocok untuk anak muda. Ya, warna laser blue ini cukup memanjakan mata karena terlihat simple, fresh, cerah, simple, dan sedikit elegant.

Meskipun desain nya tak terlalu mengkilap, namun pola unik yang terdapat di bagian belakang ponsel ini mampu menarik perhatian pembeli. Garis di bodi belakangnya berbeda dengan seri-seri sebelumnya, dan terkadang terlihat seolah bergelombang.

Kendati begitu, bagi Anda yang tak suka warna biru, memilih warna laser black juga dirasa tak ada salahnya. Karena pola unik yang berada di belakang bodi ponsel pun masih sama dengan varian laser blue, jadi tak menghilangkan ciri khas dari Realme Narzo 30A.

Layar Luas

Hadir dengan layar seluas 6,5 inci dengan rasio layar 20:9, Realme Narzo 30A memberikan pandangan yang lebih luas sehingga memberikan pengalaman lebih asyik dalam bermain game dan menonton video.

Realme narzo 30A memiliki rasio screen-to-body hingga 88,7%, memungkinkan pengguna mengurangi gangguan visual yang ada pada smartphone pada umumnya dan menampilkan konten multimedia yang lebih menyenangkan.

Pada kesempatan kali ini, team Selular juga menguji sensitifitas dan keunggulan layar dari Narzo 30A ini dengan game Guitar Flash. Soal sensitifitas layar, ponsel ini tak terlalu sensitif namun juga tak lambat untuk sentuhan layarnya.

Penulis bermain Guitar Flash ini dengan enjoy selama berjam-jam tanpa ada hambatan atau gangguan terkait layar yang lama merespon. Realme Narzo 30A memang pantas dijadikan sebagai smartphone gaming murah namun tak murahan di tahun 2021 ini.

Body Tebal Dan kokoh

Realme Narzo 30A memiliki bobot 207 gram dengan ketebalan 9,8mm. Body dari series Narzo 30A ini dibuat agak tebal karena harus menopang dimensi baterai bongsor.  Di sisi lain, bodynya atau build quality terasa cukup solid untuk material yang digunakan.

Untuk ponsel gaming dengan harga sekelas Rp1 jutaan, kekokohan dari body Realme Narzo 30A ini bukan kaleng-kaleng. Setiap material yang disuguhkan terasa kokoh dan sambungan antara bodi belakang dan bagian depan layar terasa halus.

Saat digenggam, body pada ponsel ini tak terlalu licin dan terdapat sedikit tonjolan pada bagian pinggir modul kamera, namun masih dapat dikatakan halus sehingga masih nyaman jika digenggam.

Kamera

Soal kamera, Realme Narzo 30A dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13MP dengan lensa aperture besar f/2.2 untuk memberikan cahaya ekstra ketika memotret malam hari. Ya, fitur mode malam ini yang juga menjadi suatu yang diandalkan dari series Narzo kali ini selain performa nya yang gahar untuk gaming.

Dengan mengaktifkan Mode Super Nightscape, Anda dapat mengambil bidikan malam yang cerah dan jernih tanpa tripod. Realme telah memperkenalkan filter malam yang sebelumnya tersedia pada seri flagships. Selain itu, Realme Narzo 30A juga menyertakan Chroma Boost yang membuat hasil foto lebih berwarna, hidup, dan menarik.

Akhir-akhir ini, banyak pemula khususnya di kalangan anak muda ingin mempelajari mengenai teknis dan profesionalisme dalam membuat foto ataupun video selular. Namun, cara yang mereka gunakan terkadang cukup rumit dan menghabiskan banyak waktu karena dalam mengatur komposisi dan koreksi warna, mereka menggunakan aplikasi yang terpisah.

Oleh karenanya, Realme memberikan solusi atas kerumitan tersebut melalui series Narzo 30A ini. Tim imaging Realme telah menghabiskan banyak waktu merancang tiga filter dengan cermat  yakni Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Penulis pun ikut menjajal ketiga filter unik tersebut.

Untuk kamera depan, series Narzo 30A memiliki kamera selfie berdefinisi tinggi yakni 8MP. Guna mendapatkan hasil jepretan yang benar-benar menonjol, kamera depan dari Realme Narzo 30A ini dilengkapi dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan fitur lainnya.

Baterai Besar

Mengikuti julukannya yang menjadi power gaming smartphone, Realme Narzo 30A ditopang dengan baterai 6.000mAh sehingga pengguna dapat menikmati penggunaan tanpa henti. Begitupun dengan tim Selular yang telah menguji performa dari baterai series Narzo 30A kali ini, baterai tidak boros dan pengisiannya pun terbilang cepat.

Sekedar informasi, menurut pengujian realme Lab, realme narzo 30A dapat bertahan selama 46 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya. Dengan pengisian balik OTG khusus, realme narzo 30A juga dapat menjadi penghemat baterai Anda. Realme Narzo 30A mendukung pengisian daya cepat 18W, mengisi daya dalam waktu singkat.

Fitur

Berbicara soal fitur, Realme Narzo 30A memiliki fitur finger print pada body belakang dan memiliki konfigurasi memori 4GB + 64GB serta dilengkapi dengan 3 slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD hingga 256GB.

Selain memiliki pemindai sidik jari untuk membuka kunci, Realme Narzo 30A juga mendukung pengenalan wajah, yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan.

Fitur lain dari series Narzo kali ini adalah tangkapan layar 3 jari. Pengguna cukup tekan dan tahan di layar menggunakan 3 jari lalu geser guna mengambil bagian layar yang dipilih.

Mode Gelap juga terdapat di series Narzo 30A ini. Mode ini dioptimalkan untuk dapat bekerja di lebih banyak aplikasi pihak ketiga, latar belakang laci aplikasi yang bergeser dari terang ke gelap ketika Mode Gelap diaktifkan. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur Mode Gelap untuk mati secara otomatis saat matahari terbit dan menyala saat matahari terbenam.

Kesimpulan

Berdasarkan tujuannya yang ingin menciptakan smartphone gaming entry-level dengan harga dibawah Rp2 juta, Realme telah berhasil mewujudkannya. Ponsel ini cocok dan sangat mumpuni untuk digunakan saat bermain game.

Selain itu, yang bikin menarik perhatian penulis dari series Narzo kali ini adalah mode malam pada kamera belakangnya. Ini sangat cocok digunakan untuk pemula yang ingin belajar tentang dunia fotografi ataupun videografi menggunakan smartphone Android.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa ponsel ini memang terbilang cukup berat saat digenggam, tetapi masih banyak kecanggihan lainnya yang dapat Anda rasakan dari Realme Narzo 30A ini.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: