Teknologi

Review realme Narzo, Seri Terbaru dari realme: Smartphone Kuat Harga Hebat


Jakarta, Alkindyweb.com – realme baru saja merilis smartphone terbarunya yang difokuskan untuk kebutuhan mobile entertainment kaum milenial.

Smartphone yang diberinama realme Narzo ini menjadi seri keluarga baru di jajaran smartphone realme.

Karena difokuskan untuk kebutuhan mobile entertainment seperti bermain game dan menonton video atau film, smartphone yang akan dibanderol seharga Rp 2.799.000 jutaan, realme Narzo ini sepertinya memiliki kinerja yang kuat (prosesor, tampilan, baterai dan pengisian baterai).

Seperti apa performa perangkat baru dari realme ini, langsung saja kita ulas ya.

Desain

 

Desain cover belakang realme Narzo ini terinspirasi dari cahaya bulan yang terang dan gerhana yang magis.

Smartphone yang saya ulas ini memiliki warna hitam yang terlihat begitu murni dan tampak elegan. Dengan teknologi pelapisan optik baru, kecerahan dan saturasi warna meningkat sebesar 60% dan 50%, menghasilkan efek visual yang cerah dan menarik.

Perangkat ini memiliki ketebalan sebesar 6mm dengan bobot seberat 191gram yang masih cukup nyaman untuk digenggam dan dioperasionalkan dengan satu tangan.

Penempatan tombol di perangkat ini juga cukup sederhana dengan hanya ada satu tombol di sisi kanan yang berfungsi sebagai tombol power dan juga rumah bagi sensor sidik jari.

 

Di sisi kiri terdapat dua tombol yang berfungsi sebagai volume rocker berdampingan dengan slot SIM card yang dapat menampung 3 kartu, dua kartu untuk SIM dan satu kartu untuk MicroSD.

Di posisi bawah terdapat lubang audio jack 3,5mm yang berjejer dengan port USB type-C serta lubang speaker dan mikrofon.

Di permukaan depan tampak polos hanya ada satu tampilan lubang yang berada di pojok kiri atas yang berfungsi sebagai rumah kamera depan.

Di bagian belakang terdapat modul empat kamera yang tersusun secara vertical dengan “rumah kamera” yang sedikit menonjol.

Signature logo realme tampil elegan dengan warna silver di bagian belakang smartphone berada simetris dengan susunan kamera.

Layar

Untuk memenuhi kebutuhan hiburan, kualitas layar tentu menjadi modal jualan utama realme Narzo ini. Memiliki Display 6,5 inci, layar smartphone ini memiliki kecepatan refresh 90Hz. Artinya layar realme Narzo ini mampu menghasilkan 90 frame per detik.

Baca juga:   Tetap Produktif Bersama Keluarga Saat Pandemi Dengan Samsung Galaxy Tab A7

Untuk diajak nonton film dan video, layar realme Narzo ini mampu memberikan tampilan yang sangat nyaman di mata dan warna yang ditampilkan cukup natural.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan Eye Protection yang bisa menyesuaikan suhu warna layar, dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, untuk mencegah ketegangan mata. Dapat diatur secara otomatis untuk aktif.

Dengan layar 90Hz, smartphone ini memiliki refresh rate 50% lebih tinggi bila dibandingkan dengan layar 60Hz konvensional, menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan halus setiap gesekan layar.

Layar perangkat ini dilengkapi dengan rasio 20:9, resolusi FHD+ 2400x1080P, rasio screen-to-body 90,5%, kecerahan puncak 480 nits.

Yang menarik dari layar realme Narzo ini adalah adanya Punch-hole Light Effect. Dimana tepi kamera depan akan menyala saat menggunakan penguncian wajah atau kamera depan.

Untuk memenuhi kebutuhan hiburan agar tampilan layar nyaman di mata dan menampilkan Efek visual super jernih, realme Narzo dilengkapi fitur OSIE yang bisa diaktifkan di menu pengaturan.

Dapur pacu

Keberadaan jeroan di smartphone realme Narzo menjadi kunci utama ketertarikan saya dengan perangkat ini. Pasalnya dengan harga Rp2 jutaan, smartphone ini sudah menggunakan prosesor MediaTek Helio G90T.

Maka tidak salah jika realme memfokuskan perangkat ini untuk hiburan mobile terutama untuk para gamers. Prosesor milik Mediatek ini memang sudah mengundang perhatian mobile gamer Indonesia.

Berdasarkan hasil benchmark AnTuTu, Helio G90T mendapatkan skor 281.033, sedangkan Snapdragon 730G mendapatkan skor 220.000.

Ketika saya gunakan untuk bermain PUBG Mobile, realme Narzo memberikan pengalaman gaming yang tidak mengecewakan. Grafik yang mampu ditampilkan nantinya bisa mencapai setelan smooth extreme. Tapi untuk mendapatkan settingan ini kalian harus update OS terlebih dahulu karena kalau tidak hanya akan mentok di smooth ultra saja.

Kemampuan gaming Helio G90T ini dikarenakan prosesor ini dibuat menggunakan proses 12nm, membuatnya lebih kuat dan efisien. SoC ini juga dilengkapi dengan dua core Cortex-A76 kinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan GPU 800MHz Mali-G76.

Baca juga:   Google Meet Versi Gratis Diperpanjang

Dengan kombinasi CPU terbaru, GPU, RAM super cepat, AI tangguh dan layar 90Hz, realme Narzo menghadirkan pengalaman yang lancar bagi pencinta game mobile.

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan menggunakan aplikasi GPU Benchmark, realme Narzo ini mampu menghasilkan skor 889200.

Dipadukan dengan RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal seluas 128GB, melakukan multitasking cukup mudah dilakukan di perangkat ini. Apalagi smartphone ini dibalut dengan realme UI Berbasis Android 10 untuk pengoperasiannya.

realme UI ini menurut saya salah satu antarmuka yang cukup stabil dan nyaman digunakan, juga tidak memakan banyak memori dalam pengoperasiannya.

Baterai

Untuk menopang kebutuhan menikmati hiburan menggunakan perangkat ini, realme menyematkan baterai sebesar 4.300mAh dapat terisi penuh dalam waktu 60 menit. Dan hanya dalam 30 menit, dapat mengisi kapasitas hampir 70%.

Bahkan saat bermain game yang berat, 30W Flash Charge dapat mengisi daya hingga 55% hanya dalam 60 menit.

Kecepetan pengisian ulang baterai ini karena realme Narzo mendukung pengisian 30W Flash Charge. Tetapi perlu diingat, di dalam kotak penjualan, realme Narzo dilengkapi dengan kabel pengisian 20W. realme Narzo juga mendukung pengisian daya 15W PD, menjadikannya lebih serbaguna.

realme menyebutkan bahwa algoritma pengisian dikembangkan untuk realme Narzo mencakup lima lapisan perlindungan keamanan dan memberikan perlindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk seluruh proses pengisian.

Kamera

Walaupun difokuskan untuk memenuhi kebutuhan hiburan, keberadaan kamera di realme Narzo ini tidak bisa disepelekan.

Dengan harga yang hanya Rp2 jutaan, pengguna realme Narzo seharusnya bisa berbangga hati memiliki smartphone ini, karena sudah dilengkapi dengan empat buah kamera yang terdiri dari 8MP 119 ° ultra-wide-angle, kamera utama 48MP, lensa potret B&W dan lensa makro masing-masing 2MP.

Dengan empat kamera itu, pengguna realme Narzo pastinya dapat mengeksplorasi kemampuan fotografi dengan lebih baik.

Baca juga:   Review realme 7: Smartphone Bertenaga dengan Kamera dan Performa Handal di Harga Rp3 Jutaan

Resolusi yang bisa dihasilkan oleh kamera 48MP ini maksimum mencapai 8000×6000. Jadi bisa kebayang detail gambar yang bisa dihasilkan.

Buat yang suka bikin konten video untuk diupload di social media, realme Narzo sangat bisa diandalkan. Kamera depan dan belakang realme Narzo mendukung banyak fitur video seperti Stabilisasi Video UIS, Video Ultra Wide-angle, perekaman video 4K/30fps dan perekaman video slo-mo 1080P/120fps 720p/240fps.

Selain kamera belakang, kamera depan realme Narzo juga bisa melakukan perekaman video slo-mo dengan resolusi 120fps.

Kamera depan perangkat ini memiliki kapasitas resolusi 16MP dengan aperture F2.0, serta dilengkapi mode kecantikan pintar dan Efek Bokeh. Jadi buat yang suka mengekslorasi wajahnya sendiri bisa difasilitasi dengan realme Narzo. Buat yang tidak suka AI Beauty Selfie, dapat menonaktifkannya dengan menggeser ke arah kiri pada icon AI Beauty yang terdapat di layar.

Fitur Lain

Balik lagi bahas soal harga, untuk smartphone di rentang harga ini fitur yang disajikan realme cukup berlimpah. Sebut saja adanya pemindai sidik jari.

Pemindai sidik jari realme Narzo yang ditempatkan disamping dan juga berfungsi sebagai tombol power ini mempunyai respon yang cepat. Hanya 2,9 detik saja sensornya sudah bisa membaca sidik jari penggunanya.

Selain itu, realme Narzo juga memiliki kemampuan untuk tahan air. Semua port smartphone kedap air dengan penyegelan silikon, efektif mencegah percikan air. Tapi ingat, ini hanya untuk perciak air ya, tidak untuk direndam dalam air.

Perlu diingat bahwa realme Narzo versi Indonesia juga hadir lebih baik dalam hal spesifikasi daripada realme Narzo di India. Seri terbaru realme Narzo ini hanya tersedia di online saja.

Kesimpulan

Dengan fitur dan spesifikasi yang tersemat di dalamnya, seri terbaru dari realme, realme Narzo yang dibanderol Rp 2.799.000, layak menjadi buruan para mobile gaming yang membutuhkan performa cepat serta pecinta hiburan yang membutuhkan kenyamanan layar ketika menonton multimedia.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: