Teknologi

Review Realme Watch: Asisten Pribadi yang Cerdas dan Gaya

Jakarta, Alkindyweb.com – Untuk pertama kalinya realme menghadirkan seri jam tangan pintarnya ke pasar Indonesia.

Kehadiran realme watch ini seolah mempertegas komitmen produsen smartphone ini untuk menghadirkan perangkat AIoT ke Tanah Air.

Jam tangan pintar tersebut diposisikan sebagai asisten pribadi anak muda yang menawarkan fitur lengkap untuk mengingatkan pengguna tentang gaya hidup sehat.

Bagaimana jam tangan pintar ini mampu mengemban misi yang telah ditetapkan realme, kita simak saja ulasannya:

Review realme Watch

Pengoperasian

Sebelum menjadikan realme watch sebagai asisten pribadi kesehatan, kalian tentunya harus mengaktifkan perangkat ini.

Jangan lupa, sebelum mengaktifkan jam tangan pintar ini kalian harus mengunduh aplikasi realme link dulu di smartphone. Daftarkan akun realme dan masukan informasi dasar Anda.

Untuk menyalakan realme watch kalian harus menekan tombol yang ada di samoping selama beberapa detik. Pastikan dayanya sudah terisi penuh dulu ya biar jam tangan dapat bekerja maksimal.

Untuk menghubungkan realme watch dengan smaretphone, pastikan Bluetooth di ponsel aktif, buka aplikasi realme Link dan pindai QRcode perangkat yang ditampilkan pada realme Watch.

Atau buka aplikasi realme Link, pilih realme Watch untuk memindai perangkat terdekat melalui QRcode pada jam tangan melalui aplikasi, pilih dan sambungkan ke realme Watch yang diinginkan. Klik konfirmasi untuk memasangkan realme Watch.

Jam tangan pun siap digunakan.

Desain

Lanjut ke desain jam tangan pintarnya. realme watch ini mempunyai bentuk persegi. realme watch yang saya ulas ini memiliki warna hitam dengan strap yang juga berwarna sama berbahan karet.

Baca juga:   Pendapatan Google Q3 Tumbuh Positif Berkat Belanja Pengiklan

Perangkat ini memiliki satu tombol yang ada di sampingnya dan berfungsi sebagai tombol power dan tombol back.

realme Watch hadir dengan layar sentuh berwana yang besar 1,4 inci (3,5cm) dengan resolusi 320*320 pixel (323 PPI) yang menampilkan visual yang jelas dan nyata.

Layarnya mempunyai sentuhan yang responsif sehingga memudahkan mengontrol jam tangan.

Layar perangkat ini memiliki kecerahan 380 nits dan penyesuaian kecerahan layar hingga 10 tingkat. Jadi tampilan di jam bisa terlihat dengan baik walaupun berada di terik cahaya.

realme juga melengkapi layarnya dengan Gorilla Corning Glass 2.5D yang membuat layar tidak mudah tergores dikombinasikan dengan bingkai membulat, untuk memberikan sentuhan mulus dan lebih nyaman.

Antarmuka

realme watch ini memiliki tampilan home screen dengan watch face yang cukup stylish menurut saya.

Tampilan standar watch face pada realme watch dapat menampilkan enam data utama – waktu, tanggal, cuaca, langkah, detak jantung, dan kalori – yang merupakan hal yang paling diinginkan oleh pengguna.

Data langtkah, detak jantung dan kalori tampil menyerupai diagram batang warna-warni.

Hosting Unlimited Indonesia

Jika layar diusap ke atas, jam tangan akan menampilkan menu yang tersedia. sedangkan jika diusap ke bawah akan menampilkan pesan.

Untuk menampilkan pintasan pengaturan singkat cukup usap layar ke kanan. Usapan ke kiri akan menampilkan informasi cuaca dan data aktivitas harian penggunanya.

Baca juga:   Fitur Video Podcast Kini Hadir di Spotify

Mode olahraga

realme Watch ini mendukung hingga 14 jenis pemantauan olahraga, diantaranya berlari di luar ruangan, berjalan, berlari di dalam ruangan, bersepeda di luar ruangan, aerobik, latihan kekuatan, sepak bola, basket, tenis meja, bulu tangkis, bersepeda dalam ruangan, sepeda statis, yoga dan kriket.

Selama pengujian, saya hanya memanfaatkan jam tangan pintar ini untuk outdoor walk dan indoor cycle.

Jam tangan ini juga bisa secara otomatis mengidentifikasi apakah kita berjalan atau berlari, dan algoritma perhitungan langkah yang akurat membuat setiap langkah dapat dihitung.

Yang membuat jam tanagn ini asik untuk diajak berolahraga adalah bisa mengatur otomatis pemutar musik di ponsel dari jarak jauh. Jadi ngga perlu repot-repot meraih ponsel saat olahraga hanya untuk memutar musik.

Dengan bobot yang hanya berkisar 31 gram saja, jam tangan pintar ini cukup nyaman digunakan saat berolahraga. Dimensinya juga cocok untuk pergelangan tangan saya yang tidak terlalu besar.

Asisten Kesehatan

Seperti saya sebutkan di atas, realme watch ini bisa diposisikan sebagai asisten pribadi kesehatan penggunanya.

Hal ini dimungkinkan karena realme watch memiliki fitur pelacak detak jantung yang real time. realme Watch mendeteksi detak jantung setiap 5 menit sekali selama 24/7.

Selain itu, realme Watch juga dapat mendeteksi tingkat oksigen dalam darah. Kadar oksigen dalam darah adalah salah satu indikator terpenting untuk kesehatan fisik.

Daya tahan

realme watch ini ditopang dengan batere berkapasitas 160mAh berbahan poolymer lithium yang mampu bertahan selama 7 hari penggunaan standar.

Baca juga:   Blibli Luncurkan Fitur ‘Langganan’ Untuk Bantu Konsumen Berhemat di Tengah Pandemi

Sedangkan selama saya pakai untuk berolahraga dua hari sekali dan dipakai setiap hari untuk beraktivitas harian, baterainya mampu bertahan selama 5 hari.

Jam tangan pintar ini juga dilengkapi dengan fitur IP68 yang memungkinkan jam ini bisa diajak bermain air.

realme menginformasikan setiap jam tangan telah diuji untuk keandalannya seperti uji tombol 100.000 kali, uji ketahanan tegangan 7kg, uji bengkok 3.000 kali, dan uji penjepit 3.000 kali.

Fitur lainnya

realme Watch dapat menerima hampir seluruh notifikasi aplikasi dan menampilkan beberapa ikon yang sesuai.

Jam tangan ini bisa dipasangkan secara mudah dengan smartphone realme dan mendukung tampilan panggilan, SMS, dan pesan dari aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan lainnya.

Dengan layar yang luas, jam tangan dapat menampilkan lebih banyak informasi yang mudah dibaca.

Jam tangan pintar ini juga bisa melakukan penolakan panggilan (rejection). Ketika telah dihubungkan dengan smartphone dan Anda mendapat panggilan telepon, nomor telepon akan muncul di layar realme Watch dengan tombol penolakan panggilan (rejection). Pengguna dapat menolak panggilan dengan satu klik.

Kesimpulan

Untuk memiliki jam tangan pintar yaang dapat berfungsi sebagai asisten kesehatan pribadi, dengan harga yang ditawarkan realme watch layak untuk jadi petimbangan utama. Terutama untuk kalian yang mengedepankan fashion.

Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: