Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Mengikuti trend 5G, realme turut menghadirkan smartphone 5G di Indonesia, yaitu realme X50 Pro 5G. Perangkat Flagship pertama milik realme ini sudah mendukung konektivitas 5G.

Walaupun jaringan 5G di Indonesia belum bisa dinikmati oleh pengguna smartphone, namun realme selain mengumumkan juga membuktikan komitmen dalam menghadirkan perangkat telepon seluler pintar yang mendukung jaringan 5G, menjadikan #realme5Gishere.

Selain itu, melalui realme X50 Pro 5G, realme ingin menunjukkan bahwa realme menjadi salah satu popularizer 5G dan realme siap memasuki era 5G. Hadirnya realme X50 Pro 5G di Indonesia juga sejalan dengan strategi perusahaan tahun ini selain mengembangkan ekosistem AIoT, juga menghadirkan produk yang sudah mendukung 5G yang menandakan kesiapan realme dalam menghadapi era 5G.

Beruntungnya, Selular berkesempatan mencoba realme X50 Pro 5G. Yuk simak review X50 Pro berikut ini

Review Realme X50 Pro 5G

Paket Penjualan

Review Realme X50 Pro 5G

Sebelum masuk ke review lainnya, lebih baik Kita bahas dari sisi packaging. realme X50 Pro 5G menyuguhkan paket lengkap, terutama hadirnya pengisian daya cepat ‘65W SuperDart Flash Charge’ yang biasanya dijual terpisah oleh vendor lain.

Satu paket realme X50 Pro 5G juga berisi SIM ejector, jelly case, kabel USB Type C. Tak lupa kartu garansi resmi dan buku panduan pengguna dari realme Indonesia.

Desain

realme X50 Pro 5G membawa dua warna saturasi rendah dan menamakannya Moss Green dan Rust Red. Selular berkesempatan mencoba realme X50 Pro 5G dengan warna Rust Red. Permukaan kaca diproses oleh AG Technology yang menghadirkan tampilan matte bertekstur rendah, sehingga membuat warna saturasi rendah lebih nyaman dilihat.

Sementara itu, kekasaran permukaan berada pada 0,15um, yang membuat permukaan matte menghasilkan nuansa genggaman yang lembut dan hangat, sekaligus nyaman untuk anti-sidik jari. Sangat elegan. Ini terjadi berkat teknologi pelapisan ganda di bagian belakang melalui enam proses pelapisan dan pengecatan selama 21 hari secara cermat guna menghadirkan tekstur warna yang halus dan elegan.

Berbahan dasar Polycarbonat, realme X50 Pro 5G membawa tombol daya di sayap kanan dan pengatur volume pada sayap kiri. Bagian atasnya hanya ada lubang microphone, sedangkan bagian bawah dihuni oleh SIM tray, speaker, serta port USB Type-C untuk mengisi daya.

Layar

realme X50 Pro 5G memiliki layar 6,44 inci Samsung Super AMOLED dengan finger print in-display. Tak perlu waktu lama untuk membuka kunci perangkat berkat teknologi pengenalan sidik jari dan buka kunci G3.0 yang dibawa realme X50 Pro 5G.

Tampilannya hadir dengan Dual punch-hole yang memiliki rasio 20:9 dengan resolusi FHD+ serta 90Hz refresh rate dan 180Hz sampling rate. Menjadikannya, sangat jernih untuk pengalaman menonton yang lebih nyaman dan hidup,  serta tetap terlihat maksimal meski di bawah pancaran sinar matahari dan memiliki mode perlindungan untuk mata ketika malam hari.

Baca juga:   Rumor: Qualcomm Garap Smartphone Gaming Sendiri

Soal daya tahan layar, realme X50 Pro 5G cukup kuat, karena memilki proteksi Corning Gorilla Glass 5 yang menjamin kualitas ketahanan layar, terutama dari goresan.

Performa

Tak hanya sekedar pamer, realme X50 Pro 5G mampu menghasilkan performa handal berkat Qualcomm 865 Octa-core 7nm dengan inti performa A77, dapat mencapai clock speed hingga 2.84GHz. Sehingga kinerjanya tak perlu diragukan lagi, mampu menjalankan aplikasi atau game berat sekalipun dengan lancar.

Sesuai namanya, perangkat ini sudah mendukung jaringan 5G, sayangnya di Indonesia masih belum bisa digunakan lantaran tidak tersedianya jaringan tersebut. Meski begitu, menggunakan realme X50 Pro 5G seperti berada lebih terdepan, adanya 12 antenna di sekujur badan yang dapat dengan cerdas menggunakan kekuatan sinyal. Faktanya, perpindahan jaringan yang cerdas, alokasi cerdas pada bandwidth dan baterai, secara efektif dapat meningkatkan masa pakai baterai, mengurangi 30% konsumsi daya.

Performa handal dilengkapi dengan ruang penyimpanan luas, yakni 12GB RAM dan 256GB ROM. Dalam hal RAM, realme X50 Pro 5G dilengkapi dengan penyimpanan paling baru yaitu LPDDR5. Secara teori, LPDDR5 2x lebih cepat dari versi versi sebelumnya-LPDDR4, dan hampir 50% lebih cepat dari versi high-frequency LPDDR4. Jika dibandingkan dengan Snapdragon 865 yang sama, ternyata menunjukkan LPDDR5 29% lebih cepat dan 20% lebih hemat daya sebesar ketimbang LPDDR4x.

Sedangkan untuk ROM, realme menggunakan dual-channel UFS 3.0 berpadu dengan teknologi Turbo Write dan HPB. Turbo Write memungkinkan kecepatan tulis hingga 730-760MB/detik, dan dengan bantuan dari HPB (Host Performance Booster), kecepatan baca bisa mencapai 1700-1900MB/detik.

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasi Realme X50 Pro 5G

Baterai

realme X50 Pro 5G membawa baterai cukup besar senilai 4200mAh. Selain hemat baterai juga memiliki performa ngebut saat mengisi daya. Ini terjadi berkat 65W SuperDart Flash Charge (10V 6,5A).  Dua buah sel baterai 4200mAh dapat terisi penuh hanya dalam waktu 35 menit.

Ketika sudah 20 menit, baterai terisi hampir 60%. bahkan ketika bermain game berat, 65W SuperDart Flash Charge dapat mengisi daya hingga 57% dalam waktu 30 menit saja. realme X50 Pro 5G juga mendukung 18W QC/PD dan 30W VOOC 4.0 Flash Charge, serbaguna dalam pengisian daya.

Adapter pengisi dayanya berupa GaN. GaN adalah bahan semikonduktor canggih yang dapat meningkatkan efisiensi pengisian daya dengan volume pengisian daya lebih kecil dan pada saat yang sama mengurangi panas. Singkatnya, dengan volume yang sama adapter isi daya GaN dapat mencapai daya pengisian lebih besar.

Baca juga:   Ini Harga Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G Thom Browne Edition di Indonesia

Kamera

Review Realme X50 Pro 5G

Layaknya perangkat realme lain, kamera juga menjadi salah satu fokus utama bagi realme X50 Pro 5G. Dengan desain vertikal seperti biasanya, perangkat ini membawa susunan kamera; 64MP kamera wide-angle beresolusi ultra-tinggi, 8MP Kamera ultra wide-angle & makro, 12MP Kamera Tele,  dan sebuah 2MP Kamera B&W Portrait.

Kamera utama realme X50 Pro 5G dilengkapi dengan sebuah sensor 1/1.72-inch Samsung GW1 64MP, f/1.8 large aperture, dan lensa 6P. Menjadikannya mampu meningkatkan resolusi dan kualitas gambar dalam keadaan minim cahaya sehingga lebih kaya akan detil.

Perangkat juga mampu beralih ke mode wide-angle hanya dengan membutuhkan satu klik bisa menangkap gambar lansekap, arsitektur dan grup foto dengan lebih praktis. Lensa ini juga mendukung pengambilan gambar super makro sedekat 3cm dengan hasil tangkapan gambar lebih jelas untuk skenario makro yang rumit.

realme X50 Pro 5G juga memiliki kemampuan 2X hybrid optical zoom yang mencapai 5X optical hybrid zoom dan 20X hybrid zoom. Dalam proses men-zoom gambar, perangkat ini membawa teknologi baru yaitu Smooth Zoom Technology. Dalam penggunaannya dapat memperhalus proses zooming, memungkinkan pengguna mengambil foto atau video seolah-olah menggunakan lensa yang sama. Berikut hasil jepretan dari Selular:

Untuk perekaman video, realme X50 Pro 5G telah didukung dengan stabilisasi Video UIS, stabilisasi Video UIS Max , Video Ultra Wide-angle, efek Video Bokeh Real-time, perekaman video 4K/30fps, serta video slo-mo 1080P/120fps.

Di bagian depan tertanam Dual In-display Selfie yang membawa lensa Sony 32MP wide-angle camera serta 8MP ultra wide-angle camera. Perpaduan keduanya bisa menghasilkan foto selfie yang ciamik, bahkan tidak hanya sendiri saja tetapi bisa bersama dengan teman-teman. Fitur lainnya berupa Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, AI Beauty, HDR, Face-Recognition, Filter, Portrait Nightscape, Bokeh Effect Control.

Audio

realme X50 Pro 5G hadir dengan speaker ganda super linier yang mendukung suara surround Dolby Atmos dan Hi-Res Sound Quality. Dalam penggunaannya, audio yang dihasilkan realme X50 Pro 5G cukup kuat, walau tidak dalam volume tinggi. Untuk kualitas suara yang muncul cukup baik, membuat pengalaman mendengarkan music menjadi lebih berkualitas dan jernih tanpa noise.

Vapor Cooling Pro Lima Dimensi

Sistem Pendingin Vapor lima dimensi baru yang ditingkatkan, mencakup Vapor Chamber dan Multi-layer Solid Graphite, memungkinkan kinerja pembuangan panas yang lebih tinggi. Ruang Vapor membuang panas hingga 1821 mm2, dibandingkan dengan pipa panas generasi sebelumnya meningkat 339%. Sistem pendingin ini mencakup 100% dari sumber panas, secara signifikan menurunkan suhu, memastikan kinerja tinggi sepanjang waktu bahkan saat bermain game berat.

Tactile Linear Motor

realme X50 Pro 5G features a new Tactile Linear Motor yang menambahkan daya dan perasaan bertekstur pada umpan balik getaran sehingga setiap sentuhan menjadi bagian dari pengalaman gaming yang mendalam. Sistem operasi mendukung mode getaran khusus skenario untuk permainan ponsel populer. Senjata dan keterampilan dalam game ini menampilkan tingkat getaran spesifik item, menjadikan pengalaman yang benar-benar imersif.

Baca juga:   Oppo Find X5 Pro Akan Hadir dengan Kamera Hasselblad

NFC Serbaguna

Dengan sambungan NFC yang ada, realme X50 Pro 5G mampu untuk terkoneksi dengan speaker Bluetooth dan aksesoris lain yang mendukung. Penggunaan NFC juga dapat dimaksimalkan untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

realme UI

realme UI yang berbasis pada Android 10, sudah dibangun dengan menawarkan pengalaman Android yang lebih baik dan lebih dekat, terutama bagi kalangan muda. Tampilan setiap ikonnya tampak trendi dan penuh warna.

Alhasil, realme UI tampak menyenangkan untuk digunakan. realme X50 Pro 5G sendiri sebagai smartphone flagship membawa lebih banyak fitur terbaru melalui realme UI, seperti dark mode yang sudah menjadi fitur wajib saat ini.

Fitur-Fitur Menarik Lainnya

realme X50 Pro 5G mendukung Mode Ganda untuk Berbagi Musik yang akan sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama.

Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, jika satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth, pengguna lainnya tetap dapat mendengarkan musik melalui perangkat kabel.

Terdapat juga mode fokus yang membantu ketika berkonsentrasi dan rileks, tanpa terganggu dari smartphone. realme juga membawa fitur perlindungan informasi pribadi yang bakal menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan Anda tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi.

Kesimpulan

Selama mencoba realme X50 Pro 5G, perangkat flagship ini terbilang cocok bagi kalian yang memang memiliki mobilitas cukup padat. Hal ini lantaran realme X50 Pro 5G membawa performa, kamera, baterai, hingga fitur handal yang bisa menjadi andalan.

Dimulai dengan aktivitas kantoran, gaming, ataupun sekedar kebutuhan hiburan dengan performa dinamis yang dibawanya. Kesan stylish dan premium juga menempel pada realme X50 Pro 5G yang memang menjadi andalan bagi kalian yang sering tampil elegan.

realme X50 Pro 5G dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 11.999.000, smartphone ini mulai tersedia di pasar tanah air tanggal 25 Agustus 2020 di realme stores and toko Erafone di seluruh Indonesia dan dapatkan gratis realme Adventurer Luggage selama persediaan masih ada.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: