Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Earbud nirkabel dengan fitur peredam bising belum banyak ditemukan di pasaran. Setelah merilis sejumlah earbud nirkabel, Samsung akhirnya menghadirkan Active Noise Cancellation atau ANC di model terbaru, Galaxy Buds Live. 

Dengan ukuran dan bentuk seperti kacang mede, TWS (True Wireless Stereo) terbaru ini sudah bisa dibeli masyarakat Indonesia dengan harga Rp2.599.000 dengan tiga varian warna, yaitu Mystic Bronze, Mystic White dan Mystic Black. 

Bagi konsumen yang ingin melihat dan merasakan seperti apa TWS ini, Samsung menghadirkan virtual exhibition untuk mendapatkan pengalaman Galaxy Buds Live dari mana pun dan kapan pun layaknya mendatangi pameran secara langsung. Konsumen bisa mengakses virtual exhibition di https://note20launch.com/ yang akan berlangsung selama September 2020. 

Unboxing

Kotak penjualan Buds Live datang dalam boks ritel sederhana dengan satu kabel pengisi daya USB-A ke USB-C, ujung bagian dalam buds terbuat dari silikon, dan sebuah case berisi sepasang buds itu sendiri.

Case pengisi daya berdimensi kompak, lebih kecil dari case-case earbud yang ada di pasaran. Case memiliki daya 500mAh untuk menambah energi pada Buds Live yang memiliki baterai 60mAh. Perangkat bisa diisi melalui USB-C dan nirkabel. 

Kedua buds terpasang secara magnetis di dalam case, menahannya dari jatuh secara tidak sengaja. Buds Live benar-benar lebih kecil daripada earbud keluaran rival yang sudah ada di pasaran. 

Desain Fresh

Samsung sepertinya benar-benar melakukan banyak riset pasar dan pengujian untuk memastikan TWS ini benar benar optimal. Dengan misi memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, Galaxy Buds Live mencuri perhatian karena desainnya unik dan fresh.

Baca juga:   Siap-Siap Mulai 1 Mei Kripto Akan Dikenakan Pajak, Berikut Detailnya!

Dibandingkan model earbud sebelumnya (Galaxy Buds dan Buds+) yang mengusung desain in-ear (masuk ke dalam lubang telinga), Galaxy Buds Live mengusung desain ‘telinga terbuka’, sehingga tidak terlalu kedap suara.

Perusahaan sepenuhnya mengubah konsep earbud miliknya sendiri dengan TWS terbaru ini. Pucuk buds menonjol ke luar, ujung dasar lain membentang ke bawah. Ketika dipasang, Galaxy Buds Live terasa (dan memang terlihat) menggantung di telinga (bukan menancap ke dalam). 

Desain baru yang radikal ini tentu membutuhkan penataan ulang total komponen. Di bagian dalam, speaker 12mm dan pengencang bass berada di bagian bawah, sensor IR dan pin kembar untuk pengisian daya. Di bagian luar, ada tiga mikrofon yang digunakan Samsung.

Beberapa orang (contohnya saya) lebih menyukai desain ini terutama karena ukurannya yang lebih nyaman, dan tidak masuk terlalu dalam ke lubang telinga.

Desain in-ear pada model sebelumnya memang menawarkan isolasi kebisingan yang jauh lebih baik dan menghasilkan bass yang lebih baik. Tergantung selera dana preferensi pengguna.

Fitur

Samsung Galaxy Buds Live pada dasarnya dapat terhubung ke perangkat Bluetooth apa pun: Android, iOS, dan PC semuanya berfungsi dengan baik. Untuk pengalaman lebih maksimal, Anda bisa mengunduh aplikasi Samsung Galaxy Buds di Play Store maupun App Store.

Sensor inframerah di bagian dalam Galaxy Buds Live memungkinkan mereka mendeteksi jika bud ada di telinga dan akan menjeda pemutaran jika Anda mengeluarkannya. Ini berfungsi di ponsel Android apa pun tetapi tidak berfungsi di iOS.

Baca juga:   Cara Menghapus Email Serentak untuk Cegah Pemanasan Global

Aplikasi Galaxy Wearable merupakan bagian integral dari penggunaan bud. Dari situ, Anda dapat mengatur karakteristik suara dengan enam preset (Soft, Dynamic, Bass boost, Clear, Treble boost dan Normal), engaktifkan dan menonaktifkan ANC, mengeluarkan pembaruan software dan memilih apa yang dilakukan dengan mengetuk Galaxy Buds Live.

Pengaturan Ketukan

Satu ketukan pada setiap bud akan menjeda atau melanjutkan pemutaran. Ketuk dua kali akan memainkan lagu berikutnya, ketuk tiga kali untuk memutar lagu sebelumnya. 

Pengguna bisa menyesuaikan apa yang dilakukan ketuk dan tahan pada setiap bud, misalnya bisa memunculkan Bixby, Spotify, menambah dan mengurangi volume atau mengaktifkan atau menonaktifkan peredam bising.

Anda dapat mengatur ulang bud dari aplikasi Samsung Galaxy Buds dan ada fitur Find My Earbuds yang akan membuatnya berdering. 

Kualitas Suara

Kesan pertama menggunakan Samsung Galaxy Buds Live: nge-bass. Dengan desain ‘terbuka’ ternyata Buds Live tetap mampu menghasilkan tingkat bass maksimal dan solid. Dalam pengaturan Dinamis atau Normal, Buds Live terdengar jernih dan seimbang antara volume dan bass. 

ANC

Fitur peredam bising aktif sangat bermanfaat jika Anda menggunakan earbud di tengah keramaian. Namun lagi-lagi, karena desainnya ‘terbuka’, fitur ANC terasa kurang optimal. Earbud terbuka tidak mampu mengisolasi kebisingan sekitar untuk memberikan dasar ANC yang kokoh.

Baca juga:   Bug WhatsApp Membuat Aplikasi Macet di iPhone

ANC berhasil meredam beberapa polusi suara di dalam ruangan, tetapi tidak signifikan. Saat Anda menggunakan ANC di tengah ‘perang’ musik keras, fitur bisa terasa maksimal.

Masa pakai baterai

Galaxy Buds Live menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa. Saya bisa mendengarkan selama 5 jam pada volume 100%, mendekati klaim 5,5 jam Samsung. Anda dapat memperpanjangnya tiga puluh menit dengan menonaktifkan Bixby Voice Wake-up dan dua jam lagi jika Anda mematikan ANC.

Setelah baterai benar-benar habis, Anda bisa mengisi ulang daya 50% di earbud dari sekitar 25 menit charging. 

Saat buds masuk ke dalam case, kotak bisa mengisi daya buds dua kali (full dari 0). Mengisi ulang daya case itu sendiri memerlukan waktu sekitar 40 menit.

Kesimpulan 

Dengan harga Rp2,6 juta, Samsung Galaxy Buds Live merupakan salah satu opsi earbud TWS dengan ANC terbaik, dengan catatan, Anda menyukai desain ‘terbuka’. Jika Anda lebih menyukai desain in-ear, bisa memilih Galaxy Buds+ (Rp2.399.000), meskipun tanpa ANC, atau Galaxy Buds (Rp1.899.000).

Namun, jika Anda menyukai ear fit terbuka, Anda pasti memilih ini. Samsung Galaxy Buds Live memiliki banyak fitur, hadir dalam wadah yang tidak mencolok dengan fast charging dan pengisian nirkabel. Output suara Buds Live terdengar hebat dengan mid yang bagus dan bass yang solid dan bekerja sangat baik dengan semua ponsel Android.



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: