Web Development

Sekilas: ASP.NET vs. PHP

Dalam dunia pengembangan web, pilihan bahasa pengembangan yang akan digunakan biasanya tergantung pada dua pilihan populer. Aplikasi web, khususnya yang mengandalkan database back end, biasanya dibuat menggunakan bahasa ASP.Net Microsoft, atau bahasa alternatif Open Source PHP. Alasan mengapa seseorang dapat memilih salah satu dari yang lain dapat mencakup: Biaya alat pengembangan, atau ketersediaan alat tersebut, atau bahkan tingkat kenyamanan dengan inisiatif Open Source. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan beberapa perspektif tentang alasan mengapa seseorang mungkin memilih salah satu dari yang lain.

Active Server Pages atau ASP telah lama menjadi pilihan untuk membuat konten web dinamis. Active Server Pages memfasilitasi kemampuan untuk menggunakan database seperti Access atau SQL hanya untuk beberapa nama, untuk membuat situs web yang dinamis dan kaya fitur. Pekerjaan yang terjadi di balik layar dalam menyajikan konten dinamis sedang dilakukan di tingkat server oleh kode sumber Active Server Pages. Microsoft telah menghabiskan banyak waktu dan sumber daya untuk mempromosikan keluarga bahasa pemrograman .Net di mana ASP.Net adalah anggotanya.

Visual Studio adalah aset bagi programmer mana pun karena banyaknya fiturnya. Seperti halnya semua produk Microsoft, dukungan dan pembaruan selalu tersedia untuk ASP.Net. Jumlah geser fitur yang dikemas Microsoft ke dalam Visual Studio, ditambah dengan dukungan ekstensif Microsoft membuat ASP.Net menjadi solusi yang menarik untuk kebutuhan pengembang web mana pun.

PHP yang sekarang dalam revisi ke-5, adalah bahasa pengembangan web Open Source yang juga memfasilitasi pembuatan situs web dinamis yang kaya fitur yang dapat menggunakan database. Menjadi Open Source berarti PHP tidak dimiliki oleh siapa pun. Sama seperti Active Server Pages, pekerjaan yang berlangsung di balik layar untuk menyajikan konten web dinamis dilakukan oleh PHP di tingkat server.

Seperti kebanyakan produk Open Source, sumber daya yang tersedia untuk pengembang PHP tidak dikenai biaya. Ini membuat PHP sangat menarik bagi pengembang web independen. Ada beberapa rangkaian pengembangan kualitas komersial yang tersedia dari perusahaan seperti Zend, tetapi ada juga banyak sumber daya gratis hanya dengan Google Penelusuran. Karena sebenarnya tidak ada entitas perusahaan di balik PHP, dukungan dan pengembangan pada PHP dilakukan oleh komunitas pengguna dan pengembangnya sendiri. Anehnya, hal ini tampaknya tidak mempengaruhi kemampuan untuk mencari dukungan untuk PHP.

Secara keseluruhan, ASP.Net dan PHP keduanya merupakan opsi yang sangat baik, pada dasarnya menawarkan fungsionalitas yang sama. Apakah keputusan datang untuk mendukung sumber daya, atau tingkat kenyamanan yang dimiliki seseorang terkait Open Source, atau sesuatu yang lain sepenuhnya, hasil akhirnya bergantung pada penguasaan bahasa mana pun yang dipilih.



Source by Tamara Field

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: