Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Konsumen Indonesia menjadi yang terdepan terkait dengan tingkat penerimaan konsumen dalam merengkuh digital experiences atau pengalaman digital. Hal ini terungkap dalam studi yang dilakukan oleh VMware bertajuk ‘Digital Frontiers 3.0 Study.’

Menurut studi ini, sejak tahun lalu, 8 (delapan) dari 10 (sepuluh) konsumen Indonesia (84 persen) sudah mulai beralih ke digital untuk terhubung dengan brand. Fakta ini menjadikan Indonesia berada di jajaran terdepan di antara negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara yang menjadi target studi dengan angka rerata sebesar 78 persen, bahkan mengungguli sejumlah negara maju lainnya dalam survei tersebut, yakni Amerika Serikat (40 persen), Perancis (41 persen), Jerman (44 persen), Inggris (34 persen).

Dari semua negara yang disurvei, konsumen Indonesia juga merasa paling nyaman memberikan kepercayaan ke perusahaan-perusahaan dalam mengakses data personal agar mereka sebagai pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lebih baik.

Sebanyak 59 persen menyatakan bahwa mereka merasa nyaman dan tertarik untuk mempersilakan bank mengakses kegiatan mereka, seperti perilaku belanja, nutrisi dan program diet, serta kegiatan melancong dan pergerakan sehari-hari konsumen, sehingga mereka dapat memberikan masukan dan pengelolaan finansial yang lebih baik kepada nasabah.

Di sektor ritel, sebanyak 61 persen konsumen di Indonesia merasa nyaman dan tertarik untuk mempersilakan peritel memiliki akses data, agar mereka dapat menghadirkan pengalaman yang makin relevan bagi konsumen.

Baca juga:   8 Kode Promo Grab Mei 2022 Baru dari GrabCar hingga GrabFood

Sebanyak 80 persen responden mengategorikan diri mereka sendiri sebagai “digitally curious” atau “digital explorer.” Oleh karenanya, penting bagi organisasi-organisasi di Indonesia yang berorientasikan pada pertumbuhan untuk terus berinvestasi di sisi teknologi dengan makin banyaknya konsumen yang beralih ke produk-produk maupun layanan-layanan digital.

Sementara itu, sebanyak 64 persen konsumen di Indonesia mengaku bahwa meskipun kejadian-kejadian global di tahun 2020 memaksa mereka untuk beralih ke layanan digital dan merasakan pengalaman-pengalaman digital sebagai konsumen, kenyataannya mereka sendiri juga menikmati pengalaman-pengalaman digital tersebut. Angka ini memang sedikit di bawah rerata di Asia Tenggara (69 persen), namun jauh melebihi negara-negara lain yang ada dalam survei, seperti Amerika Serikat (40 persen), Perancis (40 persen), Jerman (33 persen) dan Inggris (33 persen). Bahkan disebutkan bahwa lebih dari separuh (56 persen) konsumen menyatakan akan beralih ke produk maupun layanan kompetitor jika pengalaman digital yang mereka rasakan jauh dari harapan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk segera mengakselerasi tumbuhnya inovasi dan lebih gesit dalam menghadirkan pengalaman digital yang terbaik bagi seluruh konsumen mereka.

Baca juga:   Sony Tawarkan TWS Baru Extra Bass

“Indonesia memperlihatkan komitmennya yang sigap dalam mendukung terwujudnya digital-first di masa depan. Ini ditandai dengan makin tingginya kebutuhan konsumen untuk menikmati layanan dan pengalaman secara digital. Ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk lebih gencar dalam mewujudkan transformasi guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi dari pelanggan mereka,” tutur Cin Cin Go, Country Manager, VMware Indonesia.

Cin Cin melanjutkan, “Seiring dengan berlangsungnya transisi perekonomian Indonesia dari tahap merespons dan beradaptasi terhadap hadirnya paradigma digital di masa kini, ini menjadi momentum yang tepat bagi perusahaan untuk ikut serta bertransformasi dan memperkuat kapabilitas mereka dalam mengembangkan dan menghadirkan pengalaman digital terbaik yang tidak saja aman, namun juga bisa diakses melalui segala aplikasi, di segala jenis cloud, maupun dari segala jenis perangkat. Ke depan, digital experiences menjadi faktor krusial yang menentukan sejauh mana daya saing sebuah perusahaan dalam mendorong akselerasi pertumbuhan di tengah lingkungan bisnis yang kian dinamis dan tersebar lokasinya.”

Inovasi VMware dukung organisasi-organisasi di Indonesia

Portfolio VMware di bidang modernisasi aplikasi dan cloud, jaringan, keamanan dan digital workspace di manapun platform tersebut berada guna membangun fondasi digital yang fleksibel dan konsisten yang mendukung organisasi dalam menghadirkan pengalaman digital yang kuat dan lebih personal bagi masing-masing end-user, secara mudah dan aman.

Baca juga:   Xiaomi Akan Rilis Mi Band 5 Pro?

Mengakselerasi modernisasi infrastruktur dan aplikasi: portfolio terbaru VMware Tanzu menghadirkan dukungan untuk VMware Cloud on AWS, Azure VMware Solution, dan Oracle Cloud VMware Solution. VMware Tanzu menghadirkan portofolio produk dan layanan untuk modernisasi aplikasi dan infrastruktur sehingga secara berkesinambungan mampu mendukung dihadirkannya software yang lebih baik ke lini produksi.

Mendukung organisasi dalam membangun lingkungan multi-cloud di masa depan: penyempurnaan-penyempurnaan yang diterapkan pada portofolio cloud VMware mampu mendukung pelanggan dan mitra dalam mengoptimalkan seluruh potensi dan nilai dengan menghadirkan keleluasaan kepada pengembang, sekaligus menghadirkan keamanan dan operasional yang konsisten dan efisien bagi tim IT perusahaan.

SaltStack memungkinkan VMware dalam memperluas manajemen konfigurasi software dan infrastruktur serta meningkatkan kapabilitas dalam automasi jaringan.

“VMware berkomitmen untuk menjadi mitra tepercaya sekaligus enabler bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam beradaptasi dan mengakselerasi kesiapan mereka menghadapi realitas digital masa kini, di mana keberhasilan perusahaan-perusahaan tersebut ditentukan dari bagaimana mereka menghadirkan digital experience terbaik,” tutup Cin Cin.



Sumber artikel

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: