Internet


Upaya YouTube untuk memerangi aksi terorisme tampaknya semakin gencar dilakukan akhir-akhir ini. Ya, bagaimana tidak, demi mencegah meluasnya paham radikal terorisme, raksasa streaming tersebut dikabarkan baru-baru ini telah mengeluarkan kebijakan baru yang melarang semua keberadaan konten video apapun yang terkait dengan paham tersebut.

Sebagaimana laporan yang dilansir oleh New York Time, Youtube diketahui baru saja menghapus dan memblokir semua konten video yang berkaitan dengan Anwar Al-Awlaki yang tidak lain adalah seseorang yang diduga sebagai pelaku teroris yang terbunuh dalam melancarkan aksinya menggunakan serangan pesawat tak berawak (drone) di Amerika pada tahun 2011 silam.

Baca juga:   Pemilik Logitech Harmony Link Bakal Dapatkan Penggantian Harmony Hub Secara Gratis

Meskipun hanya berupa klip video, namun mengingat secara teknis bertentangan dengan pedoman YouTube maka pada akhirnya raksasa streaming tersebut memutuskan harus menghapus keberadaannya dari situs layanannya. Hal ini tentunya sebagai sebuah langkah yang berani dan tegas untuk memutuskan mata rantai penyebaran paham apa yang ingin disampaikannya sehingga kelak dapat dipastikan para simpatisan dan pendukung setianya yang berkeinginan memposting ulang ataupun menyebar luaskan klip video tersebut nantinya akan merasa kesulitan.

Pihak perusahaan sendiri sejauh ini belum secara terbuka mengkonfirmasinya, namun begitu akan sangat mudah bagi Anda atau siapapun yang ingin melihat pengaruhnya saat ini. Sebelumnya ada lebih dari 70.000 video al-Awlaki di awal musim gugur yang lalu, tapi akibat kebijakan Youtube tersebut sekarang telah menyusut menjadi 18.600 saja. Sebagian besar yang tersisa adalah berita, penolakan pandangan ekstremis, diskusi tentang legalitas pemogokan pesawat tak berawak dan video lainnya dari orang-orang selain al-Awlaki sendiri. Meskipun Anda masih dapat menemukan sejumlah video terlarang di situs lain, namun Anda dapat dipastikan akan sulit menemukan semua itu di Youtube sekarang.

Baca juga:   Bio Instagram Kini Bisa Ditambahkan Hashtag dan Link Profil

Keseriusannya dalam memperkecil ruang gerak penyebaran video terlarang yang ada tampaknya harus tetap sejalan dengan kebebasan berekspresi yang selama ini selalu didengungkan. Oleh karena itu, Youtube diharapkan kelak dapat secara bijak menyikapi semua ini dan tidak kebablasan terjerembab ke dalam upaya semena-mena yang membabi buta, begitulah pesan yang ingin disampaikan banyak kalangan.



Sumber Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
? Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: