Web Development

Apa yang Perlu Diketahui oleh Pengembang Web Pemula Tentang CakePHP?

Banyak pengembang web lebih memilih PHP daripada bahasa pemrograman sisi server lainnya. Tetapi para pengembang mencari kerangka kerja PHP yang kuat untuk menyederhanakan dan mempercepat pengembangan aplikasi web khusus. Pengembang memiliki opsi untuk memilih dari berbagai kerangka kerja PHP open source. CakePHP saat ini merupakan salah satu framework PHP yang banyak digunakan. Sebagai kerangka kerja sumber terbuka, CakePHP membantu pengembang untuk mengurangi biaya pengembangan aplikasi web secara efisien. Pada saat yang sama, ini membantu pemrogram untuk menulis aplikasi web kustom dengan cepat dengan menyediakan berbagai fitur. Itulah mengapa; menjadi penting bagi pengembang web pemula untuk memahami fitur-fitur penting dari CakePHP.

Memahami Aspek Penting dari CakePHP

Mengurangi Waktu Pengkodean

CakePHP dirancang dengan fitur untuk memungkinkan pemrogram membangun aplikasi PHP tanpa menulis kode yang panjang dan rumit. Ini lebih lanjut memungkinkan pengembang untuk mengurangi waktu pengkodean keseluruhan dengan menggunakan kembali kode yang ada. Pengembang dapat memanfaatkan fitur pembuatan kode dan perancah dari CakePHP untuk membangun prototipe aplikasi web dengan cepat.

Mendukung PHP 7

Seperti kerangka kerja web lainnya, CakePHP mendukung PHP 7. Oleh karena itu, pengembang dapat menggunakan versi terbaru dari CakePHP untuk memanfaatkan fitur-fitur baru yang disediakan oleh versi terbaru PHP termasuk kecepatan yang ditingkatkan dan konsumsi sumber daya yang minimal. PHP 7 selanjutnya membantu pemrogram untuk mempercepat aplikasi web mereka tanpa perlu waktu dan tenaga ekstra.

Paradigma Pemrograman MVC

Baca juga:   Bagaimana Desain Web Akan Seperti 2018?

CakePHP dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dalam berbagai skala dan sifat. Seperti framework modern lainnya, framework ini mendukung arsitektur model-view-controller (MVC). Arsitekturnya memungkinkan pengguna untuk mempercepat pengembangan situs web besar dengan memisahkan lapisan bisnis dan antarmuka pengguna. Mereka dapat dengan mudah menyisipkan, memperbarui, dan mengakses data dari database tanpa mempengaruhi presentasi dan tampilan. Perusahaan dapat menggunakan tim terpisah untuk mengerjakan berbagai aspek situs web skala besar pada satu waktu, dan menyelesaikan proyek dalam jangka waktu yang ditentukan.

Konfigurasi Minimal

Seringkali programmer harus menghabiskan waktu untuk mengkonfigurasi kerangka PHP dengan cara yang paling tepat. Tetapi mereka dapat mulai menggunakan CakePHP tanpa membuat konfigurasi yang rumit. Kerangka kerja dapat mendeteksi dan mengkonfigurasi pengaturan yang diperlukan secara otomatis. Namun, pengembang diharuskan menyiapkan database sebelum memulai pengkodean. Setelah database disiapkan, kerangka kerja dapat digunakan secara langsung tanpa memeriksa file XML atau YAML yang kompleks.

Menyediakan Beberapa Baterai Internal

Baterai internal yang disediakan oleh CakePHP membantu pengembang menyelesaikan berbagai tugas tanpa menulis kode tambahan. Baterai ini sebenarnya terintegrasi dengan kerangka PHP MVC. Pengguna dapat memanfaatkan baterai ini untuk melakukan caching, akses database, terjemahan, otentikasi dan validasi. Fitur validasi selanjutnya memungkinkan pengembang untuk menambahkan beberapa aturan validasi lanjutan ke setiap bidang.

Memfasilitasi Pembuatan Prototipe Cepat

Saat ini, pembuatan prototipe telah menjadi bagian integral dari proses pengembangan aplikasi web. Saat membangun aplikasi web yang inovatif dan kompleks, programmer harus menguji konsep terlebih dahulu dengan membangun prototipe aplikasi. CakePHP hadir dengan fitur untuk membantu pemrogram membuat prototipe aplikasi web tanpa perlu waktu dan tenaga ekstra. Mereka dapat memanfaatkan fitur pembuatan kode dan perancah kerangka kerja untuk membangun prototipe dengan cepat.

Baca juga:   Mengembangkan Sistem Login Dengan PHP dan MySQL

Dilengkapi dengan Alat Keamanan Bawaan

Beberapa kerangka kerja PHP mengharuskan pengembang menggunakan alat pihak ketiga untuk menjaga situs web mereka tetap aman dan tidak dapat diakses. Tetapi CakePHP dirancang dengan sejumlah alat bawaan yang membantu pemrogram membuat situs web yang aman. Alat tersebut memudahkan pengembang untuk melindungi aplikasi dari serangan skrip lintas situs (XSS) dan injeksi SQL. Pada saat yang sama, mereka juga dapat menggunakan alat untuk memvalidasi masukan pengguna, mencegah gangguan formulir web, dan menghilangkan Pemalsuan Permintaan Lintas Situs (CSRF).

Menyediakan Sistem ORM Fleksibel

Versi terbaru dari CakePHP hadir dengan sistem ORM yang baru. ORM terinspirasi oleh alat yang digunakan oleh kerangka web lain untuk memfasilitasi pemetaan relasional objek. Ini menyediakan antarmuka yang lancar untuk melakukan pembuatan kueri, sambil mendukung pasca-pemrosesan data, kunci utama komposit, dan strategi pemuatan yang bersemangat. Pengguna juga memiliki opsi untuk menggunakan logika tipe data khusus untuk mentransmisikan tipe kompleks saat berinteraksi dengan database.

Meningkatkan Kinerja Perutean

Seringkali pengembang menggunakan alat untuk menentukan rute untuk membedakan implementasi aplikasi dari struktur URL-nya. Teknik perutean terbalik yang digunakan oleh CakePHP 3.0.0 memungkinkan pengguna untuk mengubah sejumlah parameter menjadi string URL. Mereka selanjutnya dapat menggunakan perutean terbalik untuk memfaktor ulang struktur URL aplikasi tanpa membuat perubahan apa pun pada kode. Teknik perutean yang lebih cepat dan lebih baik yang digunakan oleh versi terbaru kerangka kerja dapat mengurai dan mengirimkan rute lebih cepat tanpa memengaruhi kinerja perutean.

Baca juga:   Perusahaan Desain Web yang Sukses, Bagian 1

Memfasilitasi Pengujian Unit

Selain ngebut Pengembangan aplikasi PHP, CakePHP semakin memudahkan pengguna untuk menguji situs web dengan mudah. Karena PHPUnit digunakan sebagai framework pengujian yang mendasarinya, CakePHP menyediakan dukungan untuk pengujian komprehensif. Integrasi tersebut memudahkan pengembang untuk melakukan pengujian unit untuk mengevaluasi fitur dan fungsionalitas aplikasi. Namun, mereka harus menggunakan PHPUnit tambahan melalui Composer atau paket PHAR. Opsi tersebut memudahkan pengguna untuk menyampaikan aplikasi PHP berkualitas tinggi.

Namun, CakePHP, seperti framework PHP lainnya, memiliki kekurangannya sendiri. Banyak pengembang bahkan menganggap CakePHP lebih lambat daripada kerangka kerja web lainnya. Tetapi setiap versi baru CakePHP hadir dengan beberapa fitur dan peningkatan baru untuk memenuhi tren pengembangan aplikasi web yang sedang berkembang. Pengembang aplikasi web dapat menggunakan versi terbaru dari CakePHP untuk memanfaatkan beberapa fitur baru dan peningkatan kinerja.



Source by Arun Kumar Biswal

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim support kami di sini untuk menjawab pertanyaanmu. Tanyakan apa saja pada kami!
👋 Halo... ada yg bisa kami bantu?
%d bloggers like this: