Teknologi


Jakarta, Alkindyweb.com – Dalam rangka memperluas penggunaan dan memperkaya fitur aplikasi PeduliLindungi, serta untuk mengakselerasi upaya pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dan GrabHealth.

Ikhsan Baidirus, Plt. Direktur Telekomunikasi, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, menyampaikan bahwa “,demi memperkuat layanan di aplikasi PeduliLindungi, Kementerian Kominfo merasa perlu untuk bekerja sama dengan layanan telemedis tepercaya seperti GrabHealth powered by Good Doctor, agar kami bisa menyediakan fitur layanan yang lebih komprehensif.”

Upaya ini dilakukan untuk menyediakan layanan telekonsultasi dan pemeriksaan kesehatan mandiri bagi para pengguna. Kehadiran layanan telemedis dari GrabHealth powered by Good Doctor di PeduliLindungi sudah bisa diakses pengguna mulai tanggal 18 Desember 2020 untuk melakukan cek kesehatan dari rumah selama masa pandemi.

Baca juga:   Nova Launcher Tambah Fitur dan Animasi Baru

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan konsultasi dokter umum 24/7 secara gratis tanpa batas maksimal pemakaian sampai akhir tahun 2020. Dengan memanfaatkan layanan GrabHealth powered by Good Doctor, pengguna bisa melakukan konsultasi dan respon cepat dari lebih 10.000 mitra dokter kami.” kata Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, melalui keterangan resmi yang diterima Selular, Rabu (23/12).

Aplikasi PeduliLindungi sendiri dapat melakukan fungsi penelusuran (tracing), pelacakan (tracking), dan peringatan (warning dan fencing) terhadap lokasi sekitar. Targetnya adalah untuk memetakan dan memantau pergerakan orang- orang yang pernah dinyatakan terkena kasus COVID-19. Selain itu, aplikasi PeduliLindungi juga menghadirkan menu ‘teledokter’ untuk memberikan pelayanan medis secara online (telemedis) kepada masyarakat setiap saat selama 24 jam, seperti yang disediakan GrabHealth powered by Good Doctor.

Baca juga:   GoPlay Gandeng CIMB Niaga Mengulas Cerita Pendek Dengan Konten Unik

Pengguna juga dapat mengakses layanan GrabHealth powered by Good Doctor pada menu ‘teledokter’ atau ‘periksa diri’ di beranda aplikasi PeduliLindungi. Layanan “Periksa Kesehatan Mandiri” berupa formulir isian yang berguna untuk mengindikasi pengguna dengan risiko COVID-19 rendah, sedang, maupun tinggi. Sedangkan layanan “Konsultasi Dokter” dapat dimanfaatkan pengguna untuk melakukan konsultasi online dengan mitra dokter profesional dari GrabHealth powered by Good Doctor.

Baca juga: IDI dan Good Doctor Targetkan 10 Juta Pemuda Lawan Covid-19

Sejak diluncurkan pada bulan Maret lalu hingga saat ini, aplikasi PeduliLindungi telah diunduh oleh 4.594.153 pengguna. Aplikasi PeduliLindungi akan dikembangkan dengan melengkapi beragam fitur yang akan dapat memudahkan masyarakat dalam menjalankan kehidupan di tengah pandemi, salah satunya fungsi screening dan e-passport untuk melakukan perjalanan juga untuk mendata masyarakat yang telah melakukan cek vaksin.

Baca juga:   Pemerintah Sediakan Akses Pendaftaran Vaksin Melalui Chatbot WhatsApp



Sumber artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Author

admin

Leave a comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: